UNY Ikut Festifal Kebudayaan Melayu di Thailand

TEMBANG | Universitas Negeri Yogyakarta akan mengikuti festival kebudayaan Melayu di Kota Yala, Provinsi Yala, Thailand, pada 12-15 Februari 2016.

“Dalam festival bertajuk ‘Melayu Day of Yala’ itu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menampilkan tim kesenian dan tim pameran yang terdiri atas dosen dan mahasiswa,” kata Wakil Rektor IV UNY Suwarsih Madya di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, “Melayu Day of Yala” merupakan acara rutin tahunan yang dihelat di Kota Yala dan merupakan festival kebudayaan Melayu yang cukup besar serta ditunggu-tunggu oleh masyarakat Thailand Selatan khususnya masyarakat Provinsi Yala.

“Tahun 2016 merupakan pelaksanaan yang ketiga kali dan akan kembali melibatkan Indonesia sebagai peserta. Konsulat Republik Indonesia di Songkhla, Thailand, mengundang UNY untuk berpartisipasi dalam acara tersebut,” katanya.

Selain membawakan kesenian Indonesia, kata dia, tim pameran juga akan memberi kesempatan warga Thailand Selatan untuk menempuh studi strata satu (S-1) dan strata dua (S-2) di UNY.

“Kami juga menawarkan beasiswa kepada mereka selama menempuh pendidikan S-1 maupun S-2 di UNY,” kata Suwarsih.

Anggota tim kesenian UNY Supriyadi Hasta Nugraha mengatakan tim akan menampilkan dua tarian yakni Rama Memburu Kijang dan Kelono Topeng. Rama Memburu Kijang merupakan cuplikan dari epos Ramayana.

“Dalam musikalisasinya tim kesenian mengedit dari durasi panjang Ramayana dan menyesuaikan gerak dengan ‘gendhing’-nya,” kata dosen Program Studi Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY itu.

Sebelum berangkat ke Thailand, kata dia, tim kesenian melakukan geladi bersih di Gedung Layanan Akademik FBS UNY.

Menurut dia, tim yang akan berangkat dipimpin Wakil Rektor IV UNY Suwarsih Madya serta beranggotakan Margana, Heri Retnawati, dan Ashadi dari tim pameran dan Kuswarsantyo, Supriyadi Hasta Nugraha, Evi Wodyoningsih, dan Tiofani dari tim kesenian.

“Rencananya dalam festival ‘Melayu Day of Yala’ itu akan ditampilkan beberapa kegiatan antara lain pawai, pentas kebudayaan, dan pameran yang akan diikuti sekolah yang berada di bawah naungan Pemerintah Kota Yala, perpustakaan wilayah, majelis kebudayaan wilayah, dan perguruan tinggi




Leave a Reply