Musisi Ceko Mainkan Gubahan Mozart YangLama Hilang

TEMBANG | Sebuah komposisi karyaa Wolfgang Amadeus Mozart dan Antonio Salieri yang telah lama hilang untuk pertama kalinya dimainkan pada Selasa setelah seorang ahli ilmu musik menemukan lagu itu dalam koleksi cadangan museum musik nasional Ceko.

Lagu itu juga muncul untuk menunjukkan persaingan yang tidak sengit antara dua komponis dan memberikan bukti bahwa Salieri tidak bertanggungjawab atas kematian Mozart saat berusia 35 pada 1791, seperti yang diceritakan dalam film pemenang Oscar “Amadeus”.

Gubahan bersama itu ditulis pada 1785, salah satu masa paling gemilang dalam karier Mozart ketika dia membuat beberapa lagu ternama termasuk aransemen opera “Don Fiobanni” dan “The Magic Flute” “Kita semua tahu gambaran yang ditampilkan oleh film ‘Amadeus’ itu salah,” kata direktur penelitian Yayasan Mozarteum Salzburg, Ulrich Leisinger.

“Salieri tidak meracuni Mozart, tetapi mereka berdua bekerja di Wina dan mereka bersaing.” Lagu berjudul “Per la Ricuperata Salute di Ofelia” (Untuk Pulihnya Kesehatan Ophelia), ditulis dalam rangka merayakan kesembuhan seorang penyanyi Inggris itu, pernah dimainkan oleh Mozart juga Salieri, kata pejabat museum. Tidak jelas apakah permainan itu pernah dilakukan di depan umum sebelum hari ini, kata mereka.

“Di sini kami memilki lagu pendek, bukan karya besar dari Mozart, namun setidaknya lagu ini benar-benar menyoroti hal baru tentang kehidupan sehari-hari sebagai seorang komponis opera di Wina,” kata Leisinger.

Penggubah dan ahli ilmu musik dari Jerman Timo Juoko Herrmann menemukan karya itu pada akhir November saat sedang mencari lagu murid Salieri dalam katalog Museum Musik Ceko.

Nasib gubahan tersebut tidak jelas setelah Mozart dan Salieri menggubahnya, namun lagu itu berada di Museum Musik Ceko pada 1950an memakai nama Mozart dan Salieri yang merupakan tanda yang lazim pada waktu itu, kata Michal Lukes, direktur Museum Nasional Ceko.

Pengenalan akan komponis lagu tersebut hampir mustahil dilakukan sampai saat museum mendigitalkan koleksi-koleksinya yang memungkinkan Herrmann menyaring di database besar dan menemukan karya bersama itu yang telah tersimpan tanpa disadari.

Selama penampilan di sebuah aula besar bekas Gereja Barok yang sekarang menjadi rumah Museum Musik Ceko, pemain harpsichord (alat musik mirip piano yang digunakan pada masa Barok, sekitar abad ke-15 hingga 16) memainkan lagu pendek dan ketukan yang tidak keras untuk menghibur orang mendengar musik yang mungkin belum dimainkan selama ratusan tahun.

“Mendengarkan sebuah lagu bersama dari Mozart dan Salieri … yang telah hilang lebih dari 200 tahun, adalah sebuah pengalaman yang luar biasa,” kata Lukes.




Leave a Reply