Rolling Stons Umumkan Konser Geratis Di Havana

TEMBANG.COM, Grup musik Rolling Stones akan menyelenggarakan konser terbuka gratis di Havana pada 25 Maret, band itu mengumumkan pada Selasa.

Acara itu menjadi penting karena diselenggarakan di negara komunis yang pernah mencekal grup musik tersebut karena “penyimpangan ideologi”.

Ditambahkan Kuba masuk dalam daftar perjalanan “Concert for Amity” (sepertinya menjadi konser rock terbesar di Kuba), yang awalnya dilakukan keliling Amerika Latin dan akan berakhir pada 17 Maret di Kota Meksiko.

Pertunjukkan akan dilaksanakan selama tiga hari setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama merasmpungkan kunjungan ke Kuba, pertama kali dilakukan oleh presiden Amerika sejak 1928.

Obama dan Presiden Kuba Raul Castro pada Desember 2014 mengumumkan mereka akan mencari cara untuk memperbaiki hubungan setelah lebih dari setengah abad bermusuhan pada Perang Dingin.

Konser itu akan difilmkan, mengambil tempat di sekeliling lapangan Ciudad Deportiva Havana, sebuah kompleks olahraga seluas 26 hektare. Hal itu menjadi konser terbuka pertama di Kuba yang dilakukan oleh kelompok musik Inggris, kata grup tersebut.

“Kami telah melakukan pertunjukan di berbagi tempat khusus selama karier panjang kami, tetapi pertunjukan di Havana akan menjadi acara penting bagi kami dan kami harap bagi semua teman di Kuba merasakan hal itu,” kata grup itu dalam sebuah pernyataan yang disertai oleh gambar keempat anggotanya – Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts dan Ronnie Wood.

Setelah revolusi 1959 yang membawa saudara Raul, Fidel Castro memimpin negara Karibia, negara tersebut pada 1962 mengecam grup musik itu yang dibentuk di London seperti Beatles dan Elvis Presley.

Fidel Castro menghapus sensor musik dan menghadiri pembukaan patung salah satu anggota Beatles, John Lennon di taman Havana dalam memperingati 20 tahun kematiannya pada 8 Desember 2000.

“Saya sangat menyesal tidak mengenalnya sejak lama,” kata Castro saat upacara.

Di patung itu pada Selasa, pemandu wisata Julio Garcia senang dengan kabar kunjungan Rolling Stones.

“Rolling Stones di Kuba? Wow!” Kata dia. “Kami telah menanti mereka di sini selama bertahun-tahun.” Armando Gonzalez, 57, mengendarai Chevrolet buatan berwarna biru dan putih tahun 1954, tahun sebelum revolusi Kuba atau Rolling Stones mencicipi kesuksesan.

“Musik mereka tidak ada batasan,” kata dia. “Sekarang akan ada pembukaan dan kami dapat menikmati mereka seutuhnya.”




Leave a Reply