Tidak banyak yang tahu penemu kaset pita adalah seorang pria berasal dari negeri Belanda bernama Lou Ottens. Lewat perusahaan berbasis di Belanda, Philips, dia juga mengembangkan varian lain dari kaset yakni Compact Disc (CD) tahun 1970-an. Saat itu Philips dan Sony berkolaborasi mengembangkan CD sehingga menjadi seperti sekarang yang bisa kita temui. Namun tak bisa dipungkiri, era 60-an kaset menjadi produk yang dicari karena melalui kaset, karya musik dan format audio lainnya bisa direkam dan dibawa untuk mobilitas tanpa terganggu iklan atau obrolan seperti di radio.

Lou Ottens lahir di Bellingwolde pada tahun 1926, tetapi dibesarkan di Hilversum kemarin, Sabtu, 6 Maret 2021, menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 94 Tahun.

“Kami sangat sedih harus memberi tahu Anda bahwa Lou meninggal dengan damai pada Sabtu, 6 Maret 2021,” kata putri Ottens, Arine Ottens, kepada WTOP News dilansir New York Post, Kamis (11/3/2021).

Seperti dilansir New York Post, Ottens mulai bekerja untuk perusahaan elektronik yang berbasis di Belanda Royal Philips di awal usia 20-an. Dalam usianya yang relatif muda, dia menjadi kepala pengembangan produk Philips. Dan dalam waktu satu tahun, dia dan timnya telah menciptakan alat perekam portabel pertama di dunia, sebuah penemuan yang akan merevolusi industri musik dan terjual lebih dari satu juta unit.

“Saya kesal dengan sistem reel-to-reel yang kikuk dan tidak ramah pengguna,” kata Ottens dalam sebuah wawancara. Sebagai informasi, reel-to-reel ada pemutar pita berbahan magnetik dalam ukuran besar untuk merekam suara secara analog. Dalam perkembangannya berevolusi menjadi lebih baik (stereo), namun karena bentuknya yang besar dan ribet akhirnya tergantikan dengan hasil temuan Lou Ottens yang simpel dan mungil.

Minat Ottens pada sound system sudah ada sejak usia muda. Ketika pendudukan Jerman atas Belanda, Ottens sempat membuat radio sendiri agar keluarganya dapat mendengar siaran Radio Oranje. Dia melengkapi perangkat itu dengan antena arah kuno, yang dia sebut ‘Germanenfilter’, karena bisa menghindari pengacak sinyal yang digunakan oleh Nazi Jerman.

Ottens pensiun dari Phillips pada 1986, dan saat dinobatkan menjadi penemu kaset. Ottens berujar, “bukan saya yang menemukan, tetapi tim,” ujarnya merendah. Selamat Jalan Lou Ottens, karyamu abadi. [bbs/med/t03/foto:netherlandsnewslivecom]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here