Menunggu waktu bakal bebasnya I Gede Ary Astina alias Jerinx atau JRX SID, Kelompok “Punk Reformasi” merilis tembang “Bali Bersama JRX”. Seperti diketahui, “Punk Reformasi” adalah wadah penggiat musik punk di Bali yang giat menyuarakan protes dan aksi atas ketidakadilan. Komunitas ini terbentuk tahun 2013 berisi para punker Denpasar dan sekitarnya. Punks Reformasi diinisiasi oleh para personil band seperti Criminal Asshole, Reject, The Djihard, Rongsokan, Total Vandal, Rawback, Pendosa, Ranjau, dan Jahanam. Punks Reformasi diawaki oleh Yande Reject, Jayak Criminal, Roy Djihard, Gus Surya Vandal, Katox Freedom, Defuckingdick, Tongzhell, Turah Rawback, Lengar reject, Yuve tham, Shynta Bagwel, Pecon Ranjau, Bego, Perdana scream, Botel Torpedo dan Dek Jerink.

Lewat rilisnya, Punk Reformasi yang meluncurkan lagu sekaligus video “Bali Bersama JRX” ingin menunjukkan solidaritas sesama seniman dan musisi. “Lagu ini adalah bentuk solidaritas juga penyemangat untuk Ary Astina a.k.a JRX SID, dan semua orang yang memperjuangkan kebebasan berpendapat, berekspresi, karena tidak ada standar ganda untuk itu,” tutur si penulis lirik lagu ini, Roy Djihard.

Menurutnya, Jerinx harusnya bebas atau lepas dari jeratan hukum. “Ketidakadilan inilah yang memunculkan aksi solidaritas kami. Hal itu yang menjadi salah satu pemicu tercetusnya ide untuk penggarapan lagu “Bali Bersama JRX”. Disaat semua diam, JRX maju terdepan menyuarakan ketidakadilan dari ibu hamil yang harus kehilangan bayinya hanya karena harus melewati proses rapid test kala itu, dan akhirnya menyeretnya ke penjara,” jelas vokalis dari The Djihard ini.

“Walaupun JRX berhasil dibungkam, namun semangat perjuangannya selalu akan dikobarkan minimal di tanah kelahirannya, Bali,” sambung Roy Djihard.

“Bali Bersama JRX” sebetulnya sudah dipersiapkan oleh Roy Djihard dipenghujung tahun 2020. Namun baru terealisasi penggarapannya di bulan Maret 2021. “Untuk proses penulisan lirik, aransemen musiknya sudah dari tahun lalu. Dan di bulan Maret 2021 kami garap bersama di Devan Studio, termasuk juga proses mixing dan masteringnya,” kata Roy Djihard.

Proses produksi video musik sendiri ditangani oleh Purdana Scream dan Botel Torpedo, yang menjadi bagian dari Punks Reformasi dibawah bendera “Torpedo TV”. Menariknya dalam video musik “Bali Bersama JRX”, Punks Reformasi melibatkan Nora Alexandra, istri Jerinx.

“Nantinya lagu sekaligus video musik “Bali bersama JRX” akan dirilis di basecamp Punks Reformasi di Pondok Baladewa secara live, Jumat malam, 20 Mei 2021. Launching event, kami masih menunggu schedule dari Twice Bar yang notabene adalah “rumah” dari JRX, dan memang akan lebih elok jika launching event ini akan digelar disana,” lanjut Botel Torpedo.

“Semoga ini bisa menginspirasi tentang rasa solidaritas persaudaraan, dan juga perjuangan untuk kebebasan berpendapat dan berekspresi, ” harap Roy Djihard. [med/ril/lyz/foto:PunkReformasi]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here