Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI), penyelenggara AMI Awards, menggandeng platform daring bernama Helo Indonesia untuk menghadirkan obrolan seputar perkembangan musik masa kini dalam sebuah program bernama #DialogMusik.

Kolaborasi itu dilakukan untuk mendukung para musisi di Indonesia agar tetap dapat produktif menghasilkan karya meski masih mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19 yang telah berjalan lebih dari satu tahun belakangan ini.

“Musik adalah sebuah ekspresi budaya yang multidimensional, harapannya musik kita di Indonesia bisa merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan memiliki peran strategi juga dalam pembangunan nasional dan dalam ketahanan budaya nasional. Semoga semakin ke depan apresiasi masyarakat pada musik Indonesia semakin meningkat sehingga timbul sebuah kepercayaan diri dan motivasi dari para insan musik Indonesia untuk lebih berprestasi dan mengangkat derajat musik indonesia secara nasional dan regional,” kata Ketua Umum Yayasan AMI Dwiki Dharmawan dalam keterangan persnya, Selasa.

Sejumlah musisi yang mengikuti program “Dialog Musik” dalam kerja kolaboratif antara musisi dan penyedia jasa teknologi digital di antaranya Jevin Julian dan Rinni Wulandari membahas potensi mengeksplorasi musik anak- anak.

Selain itu, tak kalah seru, dalam event ini juga menghadirkan Fadly dari “Padi” yang mengisahkan betapa pentingnya sebuah kolaborasi di tengah masa sulit untuk tetap dapat produktif di masa pandemi. Ia bahkan menceritakan hasil kolaborasinya bersama gitaris Ade dari “Govinda” untuk mengeluarkan single berjudul “Tanpa Batas Waktu”.

Tema lain yang akan dibahas dan dibawakan Dwiki, antara lain tema musik beragam genre, termasuk musik dangdut. Musik dangdut meski terkesan kuno namun semakin hari peminatnya semakin banyak karena rupanya bertahan dan mengikuti perkembangan zaman, tak jarang karya dangdut kini menjadi genre campuran.

Perbincangan soal dunia musik dangdut itu dikupas Dwiki bersama dengan Evi Masamba yang merupakan penyanyi dangdut jebolan ajang pencarian bakat D’Academy.

Dengan kehadiran acara itu, diharapkan musisi- musisi Indonesia dapat terus berekspresi dan membantu masyarakat awam memahami perkembangan musik di era yang serba canggih ini.

Kerjasama AMI Awards dan Helo Indonesia pun hadir setelah berkaca dari hasil penelitian yang dilakukan lembaga riset Jakpat yang mencatat pada 2020 terdapat peningkatan pada kegiatan mendengarkan hiburan audio baik lagu ataupun podcast secara daring atau streaming.

Tercatat ada 63,3 persen responden yang mendengarkan audio dari layanan streaming untuk menghibur diri selama pandemi COVID-19 berlangsung. [ant/ril/med/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here