Dunia hiburan tanah air kembali berduka. Penyanyi legendaris Bob Tutupoly meninggal dunia, tadi pagi Selasa (04/07), pukul 00.00 di RS Mayapada Jakarta. Setelah melawan sakit satu bulan terakhir, penyanyi yang melambungkan lagu nostalgia “Widuri” ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya. “Selamat jalan, Om Bob Tutupoly,” tulis Addie MS dalam akun Twitter.

Ketokohan sebagai publik figur Bob Tutupoly sudah dikenal era tahun 60-an, sebagai seorang penyanyi, pembawa acara, dan aktor Indonesia. Sebagai penyanyi beliau rekaman di Jakarta pada tahun 1965 bersama Pattie Bersaudara. Sempat juga bergabung bersama musisi Jazz legenda Bill Saragih di band The Jazz Riders pada 1960.

Sejumlah lagu yang dinyanyikan dan menjadi hit tembang pop tanah air diantaranya Lidah Tak Bertulang, Tiada Maaf Bagimu, Tinggi Gunung Seribu Janji, dan lain-lain.

Tahun 1977 nama Bob Tutupoly makin melejit setelah membawakan lagu Widuri, ciptaan Slamet Adriyadi, yang menjadi sangat terkenal hingga saat ini.

Banyak tokoh-tokoh musik tanah air yang pernah berinteraksi dengan Bob Tutupoly. Selain Bill Saragih, Bob Tutupoly pernah tergabung di dalam Band Bhinneka Ria bersama dengan Bubi Chen, Loudy Item, Award Seweileh, Marius Diaz, Hasan Alamudin, dan Yusmin.

Selain berkarya di bidang tarik suara, Bob Tutupoly juga pernah bermain di beberapa film Indonesia. Beberapa film yang pernah dibintangi Bob Tutupoly adalah Gli Innamorati Della Becak (Kisah Cinta si Tukang Becak) (1958), Penasaran (1977), dan Sebelah Mata (2008). Gli Innamorati Della Becak adalah sebuah film yang digarap oleh orang Italia dan di film ini, Bob berakting bersama Indriati Iskak dan The Baby Dolls (Baby Huwae, Gaby Mambo, dan Lintje Tambayong atau lebih dikenal sebagai Rima Melati).

Selamat jalan Om Bob, karya-karya om akan selalu dikenang. [med/wp/ton/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here