Penyanyi yang juga presenter dan pembawa acara kuis legenda, Koes Hendratmo, Selasa (07/09) meninggal dunia karena sakit. Sepanjang karier, Koes Hendratmo telah melahirkan sejumlah album studio, di antaranya Lambaian Bunga (1959), Sansaro (1968), Wanita Wanita (1970), Pop Batak Legendaris (2000), dan My Love for You (2011).

Selain karier musik, Koes juga dikenal sebagai pembawa acara. Sejumlah acara, baik di televisi maupun off-air pernah ia perankan. Salah satu acara televisi yang melambungkan namanya adalah kuis Berpacu Dalam Melodi, di mana peserta menebak judul lagu yang dilantunkan dalam acara.

Koes meninggalkan tiga orang anak, yang dua di antaranya mengikuti karier Koes di industri musik, mereka adalah Anda Perdana dan Bonita.

Hal yang cukup diingat sekali dari kemampuan seni dari almarhum Koes Hendratmo, adalah kepeduliannya terhadap nasib para pelaku seni. Ia pernah aktif sebagai Ketua Prisindo, yakni sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan guna melindungi hak-hak para pelaku seni dengan mengelola, mengumpulkan, sekaligus mendistribusikan royalti kepada para pemusik.

Koes menginginkan para artis bisa hidup sejahtera. “Koleksi royalti (para pelaku musik) adalah tanggung jawab. Saya ingin semua artis dan produser lebih sejahtera,” tutupnya, seperti yang dilansir Kompas. [med/t04/foto: istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here