Seperti pepatah, buah tidak jauh jatuh dari pohonnya. Setidaknya begitulah gambaran yang bisa kita sematkan kepada musisi Barry Likumahuwa, anak mendiang musisi ternama asal Maluku, Benny Likumahuwa. Karirnya dalam bermusik terus bergerak hingga kini, dan beberapa waktu lalu dia berkolaborasi dengan Teddy Adhitya dan grup vokal RENEWAL. Mereka menggubah ulang (remake) lagu daerah Maluku yang berjudul “NUSANIWE”.

Seperti dilansir dalam media rilisnya, Barry menjelaskan jika momen merilis Lagu “NUSANIWE” ini sekaligus menjadi persembahan untuk mengenang seorang musisi legendaris asal Maluku, Yopie Latul, yang berpulang pada 9 September 2020.

Seperti diketahui, tahun 1982 mendiang Yopie Latul sempat merilis lagu “NUSANIWE” dalam album Ambon Jazz Rock bersama Funk Section bersama Christ Kayhatu, Embong Rahardjo, Djoko WH, Yance Manusama, dan Karim Suweileh.

Rilisan ulang Barry atas lagu ini tentu saja memberika nuansa baru dalam komposisi nadanya. Barry dikenal sebagai musisi yang kerap “kental” dengan nuansa Jazz dan Funk. Nah, dilagu ini Barry juga memberikan sentuhan tradisional dengan iringan alat musik tradisional maluku, Tifa.

Kolaborasi dengan gaya vokal Teddy Adhitya tentu saja membuat lagu ini terdengar sedikit berbeda dengan lagu aslinya. “Dengan karakter yang unik, juga sentuhan harmonisasi vokal dari RENEWAL, menjadikan lagu ini bagaikan sebuah karya baru yang relevan dengan zaman sekarang,” tulisnya. [med/ril/lyz/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here