Acara musik rutin tahunan bertajuk “Salihara Jazz Buzz” kembali digelar. Seperti diketahui, Komunitas Salihara Arts Center, sukses menggelar acara ini secara daring pada Februari 2020 lalu. Dan rencananya, Salihara Jazz Buzz, kembali akan digelar Februari 2022. Untuk itu panitia kembali membuka kesempatan dan mengundang musisi-musisi Jazz termasuk grup-grup muda di seluruh tanah air untuk unjuk kepiawaian di Salihara Jazz Buzz 2022. Pendaftaran Salihara Jazz Buzz ini berlangsung hingga 6 November 2021.

Dalam media rilisnya, Kurator Musik Komunitas Salihara Arts Center Tony Prabowo menyebut Salihara Jazz Buzz sebagai konser jazz yang menampilkan format musik baru dalam kaitannya dengan pilihan genre, komposisi, maupun presentasi.

“Selama hampir satu dekade penyelenggaraan, salah satu daya tarik Salihara Jazz Buzz adalah penampilan musisi-musisi yang menawarkan warna baru terhadap perkembangan musik jazz Indonesia,” jelas Tony Prabowo.

Seperti diketahui, sejak 2016, Komunitas Salihara Arts Center, selalu berkomitmen dalam mengagas sebuah ide konsep besar “Jazz Sans Frontières”, sebuah gagasan dan konsep musikal “lintas-batas”. Hal tersebut menjadikan Salihara Jazz Buzz sebagai salah satu acara yang paling diminati oleh pemirsa seni Komunitas Salihara.

“Menyambut Satu Dekade Salihara Jazz Buzz yang jatuh pada tahun depan, kami mengusung tema “Next Sound”. Tema ini bisa berarti luas. Pertama, Next Sound adalah sebuah sikap bersama dalam menghadapi realita yang tidak pernah sama lagi seperti sebelumnya,” tutur Tony Prabowo.

Gaya hidup mutakhir telah berubah dan berimbas ke seni pertunjukan. Seni pertunjukan yang biasanya membutuhkan interaksi langsung dengan penonton dalam ruang dan waktu nyata, kini memerlukan bentuk ekspresi artistik yang lain dalam menampilkan diri di ruang virtual dan mendorong musisi untuk mengolah cara presentasi digital dalam menampilkan karya mereka.

“Kedua, Next Sound mengajak para musisi untuk mengeksplorasi musik jazz yang punya sifat melebur dengan genre-genre musik lain. Next Sound membawa semangat Jazz Buzz tentang musik “lintas-batas” yang mampu memperkaya jazz itu sendiri,” jelas Tony Prabowo.

Sejak tahun 2019, Komunitas Salihara secara rutin mengadakan Undangan Terbuka (Open Call) untuk memperluas proses pemilihan dan membuka kesempatan kepada seluruh musisi muda tanah air untuk menampilkan kreativitas bermusik mereka di festival ini.

Disebutkan, melalui Undangan Terbuka, Salihara Jazz Buzz memperluas proses kuratorial sekaligus hendak mengidentifikasi warna baru dari para musisi jazz Indonesia muda yang memiliki konsep musik menarik untuk tampil di acara ini. Musisi-musisi jazz yang lulus seleksi akan menerima bantuan produksi senilai Rp 10.000.000 hingga Rp 25.000.000.

Open Call tahun ini terbuka bagi musisi Indonesia yang belum berusia 35 tahun pada 31 Desember 2022 (dibuktikan dengan KTP). Setiap musisi bisa tampil secara solo atau bersama grup dengan maksimal 12 (dua belas) musisi. Setiap musisi menampilkan kurang lebih 5 (lima) karya baru, termasuk reinterpretasi, aransemen atau komposisi ulang yang mengandung unsur kebaharuan atas karya-karya musik yang sudah ada (jazz, klasik, atau genre musik yang lain).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses https://salihara.org, dan daftar segera musik Anda untuk tampil di Salihara Jazz Buzz 2022: Next Sound. [med/ril/t03/foto:salihara]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here