Di balik kesuksesannya di industri musik Indonesia, grup musik Armada rupanya memiliki keinginan melestarikan lagu daerah. Hal ini diungkapkan sang vokalis, Rizal, saat ditemui di Kebon Jeruk. Menurutnya, keinginan untuk membawakan lagu-lagu daerah sudah sejak lama diwacanakan para personil Armada. "Kita pingin banget me-recycle lagu daerah," ujarnya kepada awak media beberapa waktu lalu.

Sebaliknya, kata Rizal, Armada mendapatkan tawaran lagu-lagu Armada bakal dibawakan menggunakan bahasa daerah. "Malah ada tawaran lagu kita dibawakan dalam bahasa daerah," ungkapnya.

Pun begitu, pentolan Armada ini pun mengaku kerap menyanyikan lagu daerah di beberapa event tertentu. Misalnya saat menggung di sejumlah daerah, ketika para penggemar Armada meminta grup musik ini membawakan lagu daerah secara spontan. "Kadang ada request dari fans untuk bawain lagu daerah," terangnya.

Untuk memasukkan materi daerah ke dalam album, Rizal menilai hal itu menjadi sesuatu yang baru bagi grup musiknya. Diperlukan konsep yang matang, lanjutnya, karena ada 34 provinsi di Indonesia yang memiliki lagu khas masing-masing.

"Saat ini kita mungkin ada beberapa lirik diganti ke bahasa daerah, misalnya bahasa Jawa," ucapnya. Tak semua bahasa daerah cocok dimainkan dalam musik pop, maka dari itu Armada merasa harus memikirkan ejaan yang tepat saat memasukkan bahasa daerah ke dalam lagunya.[gatra/c2/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here