Virgoun - Surat Cinta Untuk StarlaSebuah gambaran dari cinta paling sejati disajikan oleh Virgoun "Last Child" dalam singel solonya, "Surat Cinta Untuk Starla". Singel ini bisa dibilang menjadi sisi lain dari pembuktian Virgoun dalam menjalani kiprah bermusiknya karena tak ada rekan-rekannya di Last Child yang mengawal vokalis berdarah batak ini seperti biasanya. 

Lalu bagaimana nasib Last Child ? "Last Child baik-baik saja, tapi sekarang gue lagi menjalankan proyek solo yang nggak lain adalah alter ego gue selama ini. Ada karya-karya gue yang rasanya sangat personal dan nggak bisa masuk ke Last Child lalu gue garap dan kembangin sendiri. So, 'Surat Cinta Untuk Starla' ini adalah karya perdana yang rilis dari proyek solo ini," jelas Virgoun.

Dengan mantap untuk bilang ini adalah proyek solo, Virgoun jelas menantang dirinya sendiri untuk keluar dari zona nyamannya. Ia yang selalu berada di belakang lagu-lagu Last Child menghadapi situasi dimana materi "Surat Cinta Untuk Starla" yang kental dengan nuansa cinta ini harus berbeda dari materi band yang membesarkan namanya tersebut. Inspirasi utamanya adalah anak perempuan tercintanya, Starla.
 
"Lagu ini bercerita tentang perasaan cinta yang paling jernih dan tulus dari seseorang untuk seseorang lainnya. Perasaan tersebut tertuang dalam surat ini yang gue coba ungkapkan lewat lagu, dimana apa yang ia tuliskan sebagai lirik dan mesin ketik sebagai medianya. Judulnya Surat Cinta Untuk Starla, nama Starla terinspirasi dari nama anak gue," tambahnya.

Tidak hanya tentang cerita lagu dan proyek solonya, proses kreatif dari single ini pun juga menyisakan cerita yang seru. Suara mesin ketik yang terus mengiringi lagu jelas mencuri perhatian kita sebagai pendengarnya. Sentuhan string yang semakin menguatkan penjiwaan dari lagu ini sendiri, ditambah dengan support dari personel Last Child yang bergabung mengisi choir membuat lagu ini pun juga terasa semakin dalam.

"Jujur, untuk proses kreatif gue sempat pusing karena ada tuntutannya untuk mengemas lagu ini di luar musiknya Last Child. Konsep awalnya itu hanya gitar akustik, tapi akhirnya untuk membedakan dari yang sebelumnya, gue mencoba mengeksplor lebih jauh, jadinya ada sentuhan string dan mesin ketik. Lagu yang sudah jadi ini berbeda jauh dari sebelumnya," ujar Virgoun lagi.

"Semua yang gue kerjain di musik itu serius nggak setengah-setengah. Kalau memang nanti gw rilis lagu lagi ya berarti memang gue punya lagu yang banyak. Tapi yang jelas proyek ini nggak misahin diri gw sendiri dengan Last Child yang sudah memiliki benang merahnya sendiri. Di proyek solo ini dan dengan dukungan dari teman-teman di Last Child, gue bisa mengeksplor semua jenis musik yang mau gw sentuh, apakah nanti itu blues, atau pula EDM," pungkasnya.
            
Singel "Surat Cinta Untuk Starla" ini akan dibawakan untuk pertama kalinya dalam acara Inbox SCTV, hari Rabu 10 Februari 2016. Kemudian akan disusul dengan peluncuran Official Lyric Video di www.youtube.com/lastchildtv pada pukul 10:00 WIB. (pr/bug)