Untuk memberikan informasi ke dunia "luar" tentang kegiatan para penggemar Radiohead di Indonesia, komunitas penggemar Radiohead di Jakarta meluncurkan official website www.radioheadindonesia.com.  Selain situs, mereka juga sudah menyiapkan media komunkasi lain berbasis "social media" di twitter dengan alamat @Radiohead_Id. Kabarnya kini sudah mempunyai follower lebih dari 2000-an orang.

"Radiohead Indonesia" merupakan komunitas penggemar band Radiohead asal Inggris. Band yang beranggotakan Thom Yorke (lead vocals, rhythm guitar, piano), Jonny Greenwood (lead guitar, keyboard, other instruments), Ed O'Brien (guitar, backing vocals), Colin Greenwood (bass guitar, synthesizers) dan Phil Selway (drums, percussion) terbentuk pada tahun 1985 di kota Abingdon, Oxfordshire. Nama yang diusung pada awalnya adalah "On A Friday" dan berubah menjadi Radiohead pada tahun 1991 sampai sekarang. Saat ini Radiohead telah menelurkan 8 album dan puluhan single. Band yang pada awalnya beraliran alternative rock tersebut mengubah aliran musiknya menjadi electronic music pada sekitar tahun 2000.
 
Di Indonesia debut Radiohead sudah dikenal sejak eksisnya album pertama mereka "Pablo Honey" (1993), dengan tembang andalan; Creep, Anyone Can Play Guitar dan Stop Whispering. Album kedua mereka The Bends (1995) menjadi tonggak kesuksesan mereka dengan mencetak banyak hits seperti, High & Dry, Street Spirit (Fade Out), Nice Dream, Just, dll. Pada album-album selanjutnya lagu-lagu Radiohead sudah tidak dapat dipungkiri lagi kualitasnya, sebut saja album OK Computer (1997) dengan hits Paranoid Android, Karma Police dan No Suprises. Album Kid A (2000) dengan Ideotheque, Optimistic dan Everything in its Right Place. Kemudian di Album Amnesiac (2001) melejit dengan Knives Out, Pyramid Song dan I Might Be Wrong. Lanjut ditahun 2003 dengan  "Hail to the Thief" mereka memperkokoh eksistensinya dengan  There there, 2+2=5 dan I Will.

Produktivitas band ini terus berlanjut hingga di tahun 2007 mereka melansir "In A Rainbows" yang ngetop dengan  House of Cards, Bodysnatchers, 15 Step dan Nude. Terakhir, tahun lalu, 2011, mereka meluncurkan "The Kings of Limbs" yang dikenal dengan sejumlah lagu andalan, diantaranya ; Lotus Flower, Give up the Ghost dan Separator. Kreativitas dan kekompakkan Radiohead  juga dibuktikan dengan sejumlah single seperti: Fog, True Love Waits,dan Talk Show Host (OST Romeo Juliet).

Sebagai bukti kecintaan kepada band  ini para penggemar Radiohead di Jakarta, berkumpul di  Taman Menteng Jakarta untuk membentuk Komunitas "Radiohead Indonesia". Selama berdirinya, Radiohead Indonesia telah mengadakan beberapa kali event di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Makasar.

Sejumlah fitur dihadirkan  bagi siapapun yang ingin mengetahui kegiatan Radiohead Indonesia, diantaranya rubrik "News" yang berisi berita-berita terhangat seputar Radiohead, kemudian "Info Band" yang akan mengupas habis soal Radiohead dari personil hingga album-album mereka. Selain itu ada "Radioheaddict!" dimana sebagai pusat informasi  seputar fans Radiohead, gosip dan perkembangan lain di dunia sosialisasi antar fans, kemudian ada "Radiohead Freak" dimana rubrik para Fans-no.1 Radiohead menggelar koleksi istimewa mereka.

Selain Komunitas Radiohead Indonesia, sejumlah group ternama dan melegenda juga memiliki komunitas, sebut saja group "Pear Jam", "U2", "Soul Asylum", "KISS" dan lain sebagainya. Namun, memang, "aksi" dan kegiatan mereka kurang terekspos.

Berdirinya Komunitas Radiohead Indonesia patut diapresiasi. Apalagi, Radiohead bisa dibilang menjadi "trendsetter" gaya bermusik sejumlah musisi Indonesia. Karakter musik dan lirik Radiohead yang beda dari band-band yang ada  mampu "menghipnotis" siapapun yang mendengarnya, dari sinilah timbulnya kecintaan banyak anak muda terhadap band ini. Bravo Radiohead… Bravo Radiohead Indonesia. [lyz/it/foto:Radiohead Indonesia]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here