Sukses dengan ajang musik D`plong tiga tahun lalu, Sprite kembali mengadakan gelaran serupa. Namun program dengan nama Sprite D`plong tahun 2010 ini mengalami perubahan. Ciri dangdut yang dikolaborasikan dengan rock akan diperkaya dengan masuknya semua jenis musik. Pun dengan kota-kota yang bakal dikunjungi.

Menurut Amelia Nasution, Marketing Manager Flavors PT Coca-Cola Indonesia, Kamis (18/3), di FX Plasa, Senayan, Jakarta Selatan, penampilan dengan format sengaja dilakukan supaya peserta dapat lebih bervariatif dalam bermusik.

"Ya, konsepnya menjadi kompetisi antar grup band, di mana sebelumnya merupakan kompetisi menyanyi antar individu. Jumlah kota audisinya pun diperbanyak dari 18 kota di Jawa dan Sumatera menjadi 20 kota di seluruh Indonesia. Pun dengan musiknya. Program ini tidak lagi mengusung musik rock `n` dut namun berganti menjadi musik fuse genre, di mana anak-anak muda ditantang untuk mengaransemen suatu lagu dengan menggabungkan berbagai aliran musik seperti rock, pop, hip hop, dangdut, atau yang lainnya, sehingga lagu itu menjadi lebih segar dan sesuai dengan karakter mereka masing-masing," terangnya.

Babak audisi ajang ini dimulai Maret hingga Agustus di radio setempat yang ditunjuk di 20 kota. Band peserta diminta untuk memilih satu dari 10 lagu yang ditentukan oleh tim Sprite dari berbagai macam genre, baik lagu lama maupun lagu baru.

Mereka harus mengaransemen lagu tersebut lalu mengirimkan demo lagu tersebut. Juri yang terdiri Music Director stasiun radio dan tim Sprite akan memilih 10 finalis di setiap kota yang lagunya diputarkan dalam tangga lagu Sprite, untuk kemudian mengadakan polling sms dari pendengar.

Lima grup band terbaik ini kemudian akan beraksi dan berkompetisi dalam konser musik Sprite D`plong. Mereka bakal tampil satu panggung dengan grup-grup band papan atas  Indonesia, seperti GIGI, Nidji, Project Pop, The Rock Indonesia, Andra and The Backbone, Hello, dan Wali.

Pemenang di kota tersebut akan memenangkan uang tunai senilai 15 juta (juara 1), 10 juta (juara 2), 7,5 juta (juara 3), 5 juta (juara favorit). Setelah terpilih grup band terbaik dari masing-masing 20 kota, tim Sprite akan memilih lima dari kedua puluh grup band tersebut untuk dibuatkan CD kompilasi Sprite D`plong 2010.  (kapanlagi/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here