Selasa, 30 Maret 2021 lalu Mohammad Istiqamah Djamad atau yang dikenal dengan nama Pusakata merilis singel baru bertajuk “Di Seberang Sana“.

Tembang bernuansa magis ini dibuka dengan sebait mantra dalam Bahasa bugis.

Ininnawa sa’bara’e
Lolongeng gare deceng
Alla to sabbara’e

Duhai hati yang diliputi kesabaran
Kelakkan mendapat berkah
Untuk mereka yang bersabar

Sebuah ungkapan, puisi berisi doa sekaligus nasehat agar kita selalu menjaga sabar. Lagu ini menyiratkan pesan kepada kita, manusia-manusia yang tengah berjuang di masa sulit ini. Kita mungkin mahluk yang lemah, namun kita memiliki sebuah senjata ampuh bernama kesabaran. Boleh jadi hari ini kita jatuh. Mungkin hari ini kita terseok melangkah, membawa berat beban, menemui tantangan dan problematika hidup yang rumit. Anggaplah itu sebagai bukti cinta dari Sang Maha Kuasa agar kita mendapat nikmat dari lelahnya berjuang dan menggapai kebahagiaan yang paripurna.

Menariknya, di lagu ini Pusakata mengajak berkolaborasi seluruh anggota keluarganya. Pada vokal ada sang istri Agnes Purwanti yang didapuk menjadi rekan duetnya. Tak ketinggalan, anak-anaknya, yakni : Jingga, Gaura, Pusakata, Basheera, dan si bungsu Barda turut dilibatkan juga. Si sulung, Bandura Nafeeza Mahajingga atau Jingga, dipercaya untuk membuat artwork dan animasi pada video lirik Di Seberang Sana.

Di Seberang Sana” adalah singel keempat dari album Mesin Waktu 2020. Menyusul tiga single sebelumnya telah dirilis berturut-turut setiap bulannya. Yaitu, “Doa Pagi Ini”, “Dunia Batas”, dan “Rungrum”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here