Musisi kenamaan Indonesia, Dwiki Dharmawan,   berhasil memukau masyarakat Polandia melalui gelaran konser musik yang dipadu dengan alat musik tradisional. Demikian dinyatakan divisi Fungsi Sosial Budaya dan Konsuler KBRI Warsawa, Jorrie Andrean seperti dilansir Antara, Selasa (12/05).

Serangkaian pertunjukan dilakukan Dwiki Dharmawan sejak tanggal 30 April hingga 5 Mei lalu digelar di Saska Kepa Cultural Center, Warsawa , Klub Ucho, Gdynia, Ochota Cultural Center serta di Gedung Nasional Simphoni Orkestra, Katowice .

Pada konser di Katowice, Dwiki Dharmawan menjadi tamu kehormatan Laboratorium Band, band jazz legendaris Polandia yang terbentuk selama 45 tahun. Pada setiap penampilan Dwiki Dharmawan mampu menarik lebih dari 100 penonton yang terlihat antusias hingga akhir pertunjukan.

Dubes RI untuk Polandia, Peter Frans Gontha mengatakan konser yang dilakukan Dwiki Dharmawan merupakan rangkaian dari perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Polandia. Selain itu, melalui pertunjukan ini, diharapkan masyarakat Polandia dapat mengenal musik tradisional Indonesia yang dibalut musik modern dari tanah air.

Dwiki Dharmawan memainkan komposisinya antara lain Janger, Arafura, Jazz for Freeport serta medley lagu tradisional anak-anak Cik Cik Periuk dan Paris Barantai. Pertunjukan piawai Dwiki Dharmawan serta tiga musisi Jazz Polandia mendapat sambutan hangat dari penonton yang tidak beranjak dari tempatnya selama pertunjukan berlangsung.

Diakui bahwa musik yang ditampilkan menarik dan unik. Penonton juga menyampaikan kekaguman atas musik Indonesia yang dinilai modern, namun tidak meninggalkan unsur-unsur tradisional seperti Gamelan.

Pada pertunjukan di Ochota Cultural Center, Wakil Perdana Menteri/Menteri Ekonomi Polandia, Janusz Piechocinski, yang hadir di konser tersebut. Selain Dubes Korea untuk Polandia, Ji-in Hong, Duta Besar Filipina untuk Polandia, Patricia Ann Villar Paez, Duta Besar Chile untuk Polandia, Alfredo Carcia Castelblanco, Duta Besar Panama untuk Polandia, Enrique Antonio Zarak Linares.

Konser juga dihadiri Direktur Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Polandia, Beata Stoczynska, serta perwakilan dari Kedutaan Malaysia, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat, Australia.

Beberapa pejabat Pemerintah Polandia juga turut hadir seperti Direktur Asia Pasifik, Kementerian Luar Negeri, Beata Stoczynska, dan perwakilan Kantor Presiden, Kementerian Tenaga Kerja, dan lain-lain.

Pertunjukan juga dihadiri mahasiswa Warsaw School of Economics, Collegium Civitas, jurnalis, serta WNI yang berada di Polandia. Presiden Direktur ALSTOM, Leslaw Kuzaj juga turut hadir di pertunjukan tersebut.

Setelah melakukan berbagai pertunjukan di Polandia, berbagai tawaran untuk bermain di panggung jazz Polandia mengalir kepada Dwiki. Salah satunya di Krakows All Souls Jazz Festival, salah satu festival jazz tertua di Eropa, yang akan melakukan festival untuk ke-60 kalinya pada akhir Oktober tahun ini.

Sebelum bermain di Polandia, Dwiki Dharmawan and His Polish Friends melakukan konser di Odessa, Ukraina dalam rangka memeriahkan UNESCO International Day of Jazz serta di Bratislava.

Konser Dwiki Dharmawan and his Polish Friends di negara-negara Eropa Tengah dan Timur disponsori Garuda Indonesia, KBRI Warsawa, KBRI Kyiv dan KBRI Bratislava. [ant/c2/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here