Terbiasa dengan rock tak membuat Andy, vokalis grup band /rif, kaku ketika mengikuti tur Urban Jazz Crossover 2009.

Sebetulnya, genre jazz bukan barang baru bagi Andy. Ia malah mengenal akar jazz, yang tidak lain adalah blues.

"Saya tetap Andi /rif, tapi dengan musik yang bebeda. Saya percaya, jazz dan rock punya akar yang sama yaitu blues," jelas Andy, seperti yang dilansir Kompas.

Lanjut Andy, blues sudah dikenalnya sejak era 1990-an. "Saya pernah punya pengalaman luar biasa. Waktu tahun 1990-an, saya bisa main dengan pemusik blues sekelas Ulle Pattiselano," kenang pemilik nama lengkap Restu Triandy ini.

Dengan dasar pemikiran dan pengalamannya itu, Andy menikmati pertunjukan-pertunjukan yang digelar oleh produsen rokok Dji Sam Soe tersebut, baik beraksi  sendiri maupun bersama para penampil lain.

"Di sini saya menemukan alam yang lain. Saya menikmatinya, karena musik yang mengiringi saya juga nikmat. Ini pengalaman yang luar biasa," ucap Andy, yang sudah ambil bagian di dua kota, Bandung (08/05/09) dan Semarang (15/05/09), dari lima kota tur itu.

Dalam Urban Jazz Crossover 2009 di Ballroom Hotel Ritz Carlton Jakarta, kota keempat, Jumat (22/05/09) malam, Andi akan membawakan lima lagu, yakni Sunday Bloody Sunday (U2) bareng rapper Dana dan penyanyi seriosa Daniel, Umbrella (Rihanna), Radja (/rif), Clocks (Coldplay) bersama Daniel, dan satu lagu lagi, yang judulnya masih dirahasiakannya, bareng Glenn Fredly.

Dari lagu-lagu itu, Radja memberi kesan khusus baginya. "Saya enggak nyangka kalau lagu Radja bisa dibuat swing. Padahal, kalau di /rif, temponya cepat, keras, dan nge-rock habis. Tapi, di sini, bisa jadi melayang-layang dengan big band, nyawanya jadi terbawa ke sini," ucapnya. (kompas/mag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here