Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menggelar Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak 2014. Ajang ini merupakan yang kedua kalinya setelah penyelenggaraan perdana pada tahun lalu yang berhasil melahirkan 10 lagu ciptaan para musisi dari berbagai daerah di tanah air.

"Melalui lomba cipta lagu ini Kemenparekraf berharap sedikitnya akan muncul empat hal, yaitu terciptanya banyak lagu anak-anak yang berkualitas, mendorong para pencipta lagu sering menciptakan lagu anak yang bermutu, memproduksi lagu anak dalam bentuk pertunjukan dan rekaman, kemudian meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap lagu anak," ucap Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Kemenparekraf, Juju Masunah kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (7/6/2014).

"Irama Negeriku" menjadi tema lomba cipta dan festival lagu anak tahun ini. Lagu yang diciptakan harus disesuaikan dengan kategori usia anak-anak yang akan menyanyikannya, yakni anak usia 3-6 tahun, 7-10 tahun dan 10-13 tahun. Selain itu ada 10 sub tema yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu Tanah Airku, Budaya Bangsaku, Cinta Negeriku, Bhinneka Bangsaku, Indahnya Kebersamaan, Teknologi Bangsaku, Cita-cita Untuk Negeriku, Hidup Rukun dan Damai, Malu Berbohong, dan Disiplin dan Tertib.

Ketentuan umum lomba ini sebagai berikut :

  • Karya asli dan belum pernah dipublikasikan. 
  • Lagu mengandung unsur budaya lokal. 
  • Lirik dalam bahasa Indonesia sesuai dengan perkembangan anak. 
  • Wilayah nada lagu sesuai dengan jangkauan suara anak. 
  • Tidak menimbulkan konflik SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).

Karya dilengkapi dengan aransemen lagu (instrumentalia) dan dikemas dalam bentuk CD audio. Naskah dikirim beserta biodata peserta yang berisi nama lengkap, tempat/tanggal lahir, alamat rumah, no telepon, pendidikan, alamat sekolah/alamat kantor, pengalaman di bidang musik (bila ada). Naskah sudah diterima panitia paling lambat tanggal 24 Oktober 2013 (cap pos).

Naskah dikirim ke alamat: Direktorat Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya Kementerian Pariwisata dan dan Ekonomi Kreatif Gedung Film Lantai 5, Jl. MT. Haryono Kav. 47-48 Jakarta Selatan, 12770, Telp. (021) 7902974/75

Nantinya juri akan memilih 10 lagu anak terbaik yang akan mendapatkan hadiah total Rp 20 juta dan penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain Lomba Cipta Lagu anak, akan digelar pula Festival Lagu Anak Anak (lomba menyanyi solo). Peserta bisa mengirimkan keikutsertaanya dalam bentuk rekaman video dan dikirim ke panitia melalui email yang ditujukan ke : industrimusikpspim@gmail.com atau upload ke situs YouTube dengan mengirimkan judul, nama penyanyi beserta link video ke panitia, selambatnya 30 Juni 2014.

Tim juri selanjutnya akan menyeleksi 15 penyanyi, yang kemudian akan disaring lagi untuk menentukan 3 terbaik dengan hadiah juara 1 Rp 10 juta, juara 2 Rp 7,5 juta dan juara 3 Rp 5 juta ditambah piagam penghargaan dari Menparekraf.

Buat kamu yang punya hobi mencipta lagu, jangan sampai ketinggalan untuk berpartisipasi di ajang ini. Selain berpeluang mendapat hadiah senilai jutaan rupiah, kamu juga bisa berpartisipasi untuk menciptakan lagu anak-anak yang berkualitas dan edukatif. (bbs/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here