Menyaksikan alunan musik Jazz diatas ketinggian tertentu dan dengan pemandangan alam terbuka pasti membuat sensasi tersendiri. Konsep "langka" seperti ini akan bisa Anda saksikan awal bulan depan, 6-7 Juli di Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru.

"Jazz Gunung itu satu-satunya festival jazz yang punya konsep unik. Pertama karena ini festival jazz yang diadakan di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Kedua, yang ditonjolkan adalah jazz etnik," jelas Sigit Pramono, salah satu inisiator Jazz Gunung 2012 saat konfrensi pers di Jakarta, Selasa sore.

Selain berisi festival musik jazz kolaborasi berbagai musisi dan seniman, acara Jazz Gunung 2012 juga  menampilkan Pameran Keramik Ahadiat Joedawinata yang bertema 'Signature'. Pameran keramik tersebut dibuka pada 6 Juli 2012, di Galeri Java Banana, Bromo.

"Bromo adalah salah satu tempat wisata terindah untuk melihat matahari terbit. Untuk tahun ini kami menargetkan peningkatan jumlah penonton menjadi seribu penonton per harinya," tutur Sigit.

Sigit menjelaskan, gelaran Jazz Gunung 2012 tahun ini untuk pertama kalinya akan digelar selama dua hari pertunjukkan.

Beberapa musisi yang diundang untuk tampil dalam acara yang sudah 4 kali digelar ini di antaranya Tompi, Glenn Fredly, Ring Fire Project berkolaborasi dengan Djaduk Ferianto, Dewa Budjana, serta Slamet Gundono, Iga Mawarni, Benny dan Barry Likumahuwa, Kelompok Seni Damarwangi-Banyuwangi, Gondho Jazz Trio, Muchi Choir Surabaya, dan dipandu oleh Butet Kertaradjasa.

Glenn Fredly, penyanyi asal Ambon yang akan berkolaborasi dengan Tompi pada Jazz Gunung 2012 mengungkapkan tampil pada festival Jazz Gunung memiliki sensasi khas yang tak bisa ia lupakan.

"Tahun lalu saya juga tampil di sana. Baru pertama kali ke Bromo, gak nyangka. Suasananya beda. Rasanya seperti main di Eropa, dari mulut keluar asap terus, kan dingin. Baru kali ini juga saya manggung, ada monitor, di sebelahnya ada tungku. Biar gak kedinginan," tutur Glenn.

Menurut Sigit, untuk menampung peningkatan jumlah penonton, penyelenggara telah menyiapkan panggung terbuka yang lebih besar. [ant/IT/foto:istimewa]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here