Ini kabar menarik bagi musisi band rock Indie di Surabaya, karena jika tidak ada aral-melintang,4-5 Juli mendatang akan digelar "Indie Rock Exibition 2008 (IRE)" di Balai Pemuda Surabaya.

Seperti diketahui, Surabaya adalah salah satu kota terbesar yang banyak memiliki musisi dijalur Indie. Maka, bisa dipastikan ajang IRE ini puluhan band Rock Indie akan ambil bagian. "Kami memilih  jalur indie rock untuk mempertegas bahwa Surabaya adalah gudangnya musisi dan penyanyi rock,"  ujar ketua pelaksana kegiatan IRE, Sjamsul Umur.

Menurut Sjamsul, bagi band Rock Indie yang akan mengikuti ajang ini, ada dua persyaratan yang harus dipenuhi, yakni band Indie tersebut harus sudah memiliki album rekaman dan minimal berkiprah selama tiga tahun.

Disebutkan, meskipun banyak band rock Indie yang sudah memenuhi kriteria tersebut, mereka harus melalui proses seleksi yang ketat untuk bisa tampil. "Hanya 11 band yang akan kami pilih untuk bisa tampol di ajang Indie Rock Exhibition," ujar Sjamsul.

Niat panitia menyeleksi band yang mendaftar cukup beralasan, pasalnya setelah terpilih 11 band, Sjamsul akan membuatkan album kompilasi bagi mereka.  

Dalam kesempatan terpisah, Kepala UPTD Balai Pemuda Surabaya, Nirwana Juda mendukung kegiatan ini. "Banyak munculnya band indie di Surabaya merupakan fenomena baru didunia musik, oleh karena itu patut didukung," ujarnya.

Dipaparkan, band indie memiliki karakter yang unik. Selain skill bermain mereka yang bagus, semangat mandiri mereka patut diacungi jempol. "Dalam ketrampilan bermain, mereka bisa bersaing dengan band-band yang sudah  terkenal," ungkap Nirwana.

Rencananya,  acara eksibisi nanti dua grup rock asal Surabaya akan tampil sebagai bintang tamu, yakni Power Metal dan Bidadari. Tidak hanya itu, sejumlah band indie yang cukup mapan juga akan ambil bagian, diantaranya Macan, Blingsatan, Devadata, Ovalenz, Crucial Conflict,dan Cinta Hitam. [lyz/itunes]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here