Solo – Rock In Solo Heritage Metal Fest 2011, festival musik metal terbesar di Jawa Tengah akan digelar di kota Solo pada bulan September mendatang.
 
Setelah empat kali sukses digelar sejak tahun 2004, edisi kelima Rock In Solo akan digelar pada tahun ini oleh The Think Organizer bekerjasama dengan Tecma Advertising. Sederet band metal dalam dan luar negeri akan tampil  dalam acara yang akan diadakan di Alun – Alun Utara, Solo, Sabtu (17/9/11) mendatang. 
Beberapa band mancanegara yang sudah dipastikan akan menggebrak panggung Rock In Solo 2011 adalah Kataklysm (Kanada), Deranged (Swedia), Enforce (Australia), serta Oathen dan Isthar (Korea). Sementara dari dalam negeri, ada nama – nama seperti Burgerkill, Rajasinga, Gigantor, Suri, Something Wrong, Crucial Conflict dan Down For Life yang juga akan ikut meramaikan acara ini.
Penanggung jawab acara, Stephanus Setiaji mengungkapkan bahwa gelaran Rock In Solo kali ini akan berbeda dari sebelumnya.  Rock In Solo 2011 tak hanya akan mengajak para metalheads larut dalam konser metal super dahsyat tapi juga akan diajak untuk menelusuri kembali sejarah kota Solo “Rock In Solo kali ini mengangkat tema Heritage Metal Fest, karena kami tak hanya ingin memberikan suguhan berupa konser, namun juga ingin memberikan edukasi tentang musik rock dan sejarah kota Solo. Dengan menggunakan tempat-tempat bersejarah di Solo, kami bermaksud mengajak orang untuk mengetahui tentang sejarah kota Solo di masa lalu.” Kata pria yang akrab disapa Ajie ini dalam acara jumpa pers di The Sunan Hotel, Solo, Senin (4/7/11).
Ada tiga acara yang akan diadakan dalam rangkaian event Rock In Solo 2011 ini. Selain acara puncak yaitu Rockfest yang berupa konser metal di Alun – Alun Utara Solo, juga akan digelar pre – event dalam bentuk seminar musik yang akan membahas musik rock/metal sebagai industri. Acara yang dinamai Rockducation ini akan diadakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang dan Solo mulai tanggal 16 – 22 Agustus 2011. 
Kemudian setelah itu ada Rocklight, yaitu sebuah acara yang akan diadakan di Pasar Gede Solo. Sesuai dengan tema acara, Pasar Gede Solo sebagai salah satu tempat bersejarah dan tempat publik yang menjadi icon kota Solo akan difungsikan sebagai media visual. Beberapa vj dari Solo dan Yogyakarta yaitu Hellucination, Bejou Nayaka dan Venza dari HONF (House Of Natural Fiber) akan berkolaborasi membuat video mapping yang pertama kalinya diadakan di kota Solo. 
Rock In Solo Heritage Metal Fest 2011 akan dipuncaki dengan digelarnya Rockfest, sebuah konser metal di Alun – Alun Utara Solo yang juga merupakan salah satu tempat bersejarah di Solo. Rock in Solo 2011 akan menggunakan tata suara dan lighting yang megah serta empat buah panggung dengan salah satu panggung akan menjadi panggung utama, dan panggung lainnya akan menampilkan band – band lokal kota Solo. "Kami memang ingin menyediakan sarana bagi band – band rock kota Solo untuk ikut unjuk gigi dalam ajang ini" kata Ajie. 
Di dalam area konser juga akan disediakan booth makanan dan minuman bagi para penonton. Sementara untuk pengamanan, pihak panitia telah melakukan kerjasama dengan kepolisian untuk mengantisipasi hal – hal yang tak diinginkan. (Ariwan K Perdana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here