Lagi, Musisi dan Penyanyi Indonesia mencetak prestasi di Luar Negeri, dan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" pun dua kali dikumandangkan. Ya, Indonesia yang diwakili kelompok paduan suara Elfa`s Singers meraih dua gelar World Champion dalam kategori jazz "open category" dan kategori pop "open category". Penghargaan  dan hadiah "The 5th World Choir Games" di Graz, Austria menjadi kebanggaan Indonesia.  

"Dalam gelombang pertama yang dilangsungkan tanggal 9-13 Juli dan mempertandingkan 14 kategori, kelompok-kelompok paduan suara Indonesia lainnya yang mengikuti perlombaan ini juga menyumbangkan medali emas dan perak," ujar Sekretaris I KBRI Wina, Darianto Harsono.

Secara keseluruhan dalam gelombang pertama, Indonesia meraih enam medali emas, masing masing Elfa`s Singers dua emas, Paduan Suara Consolatio Universitas Sumatra Utara dua emas, sementara Universitas Negeri Manado satu emas, Bitung City Chorale satu emas.

Delapan medali perak masing masing diraih Sekolah Pelita Harapan Bukit Sentul (tiga perak), Universitas Negeri Manado dan Bitung City Chorale masing-masing (dua perak) serta Angelicus Indonesia Choir (satu perak).

Dengan perolehan medali itu, Indonesia berada pada peringkat kedua perolehan medali di bawah Afrika Selatan yang memperoleh 15 emas dan 8 perak, serta di atas Amerika Serikat yang memperoleh 6 emas dan 4 perak.

Gelombang kedua
Gelombang kedua kejuaran dunia "World Choir Games" akan dilangsungkan tanggal 16-19 Juli dan beberapa kelompok paduan suara Indonesia yang telah terdaftar untuk bertanding antara lain paduan suara Whaku Bhim dari Papua, Adoro te Choir, Vocalista Angels Klaten, Mazmur Chorale Kupang, dan paduan suara dari Universitas Sam Ratulangi Manado.

Indonesia juga terpilih dari wilayah Asia Tenggara untuk diliput secara khusus oleh TV Nasional Austria ORF 2, ujarnya.

Paduan suara Whaku Bhim dari Papua akan ditampilkan secara khusus bersama beberapa kelompok paduan suara lainnya dari China, Australia, Amerika, Eropa dan Afrika Selatan dalam acara "We Are The World, Die Grosse Sommer-Nacht der Chore", International Choir Competition World Choir Games.

Acara ini akan disiarkan ke seluruh wilayah Austria pada hari Sabtu, 26 Juli mendatang.

Dua juri dari Indonesia Aida Swenson, Direktur/pendiri Paduan Suara Anak Indonesia dan Tommyanto Kandisaputra, Ketua Interkultur Indonesia, menyatakan kegembiraan dan kebanggaan mereka baik atas partisipasi maupun prestasi kelompok-kelompok paduan suara Indonesia.

Darianto Harsono berharap Indonesia akan kembali berprestasi dalam gelombang kedua pertandingan ini.

World Choir Games, merupakan kejuaraan dunia paduan suara dua tahunan. Pada tahun ini diselenggarakan di kota Graz, Austria, pada 9 hingga 19 Juli mendatang.

Di antara 441 kelompok paduan suara dari 93 negara yang terdaftar, terdapat 33 kelompok paduan suara dari Indonesia, namun karena hambatan finansial dan prosedural termasuk pengurusan visa, hanya sekitar 16 kelompok yang dapat menghadiri gelombang pertama dan gelombang kedua kejuaraan ini.

Namun demikian, seluruh peserta dari Indonesia bertekad memberikan yang terbaik bagi Tanah Air.

The 5th World Choir Games ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Musica Mundi yang diselenggarakan Yayasan Internasional Interkultur.

Salah satu ranting yayasan ini, yaitu Interkultur Jerman, adalah mitra Depbudpar dalam menyelenggarakan "1st Asian Choir Games" di Jakarta November tahun lalu.[an/it/foto;musica]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here