Lebih dari seribu orang memadati area Retro Pub, Gedung Capital Lt. 6, Jl. Puteri Hijau, Medan, pada hari Minggu (2/8) malam sekitar pukul 21.00 WIB dalam “Urban Jazz Crossover: More Than Jazz”, yang digelar oleh Dji Sam Soe, kota keempat yang disambangi setelah Bandung, Surabaya, Jakarta, hingga berakhir di Denpasar.

Kehadiran para penonton dari berbagai usia mulai memadati lokasi acara sejak pukul 20.00 WIB untuk menyaksikan pentas pertunjukan yang memadukan jazz dengan berbagai genre musik lain, seperti electronic dance, pop, dan rock tersebut.

Kapasitas ruangan yang seharusnya hanya mampu menampung sekitar delapan ratus penonton harus padat, sehingga membuat para penonton sulit bergerak. Ini membuktikan animo masyarakat terhadap jazz benar-benar cukup tinggi.

Di malam tersebut Kota Medan telah berubah menjadi sebuah kehangatan. Maliq n & D Essentials yang beranggotakan Jawa (bas), Ifa (keyboard), Widi (drum), Lale (gitar), Rejoz (additional percusion), Angga dan Indah (vocal) memainkan berbagai tembang bernada funk dan jazz dalam kolaborasi dengan rapper Dana serta DJ Cream yang memainkan paduan musiknya.

Alunan musik membuat penonton ikut merasakan denyut nadi dalam beberapa musik yang dibawakan, seperti The One, Heaven dan Terdiam. Usai aksi panggung yang hadir membawakan lima hits single-nya, dari sisi ruangan bunyi saxophone pun dipersembahkan Niki Manuputy.

Tembang-tembang hit seperti Happy Sunday, serta sebuah tembang bernada tinggi, Rock with You, membuat penonton ikut berdansa. Tembang manis yang bernafaskan cinta juga dipersembahkan Niki, dengan hits Tega, Sekali Ini Saja dan Kisah Romantis.

Selain itu, hadir pula Audy Item yang membawakan tembang Lagu Sendu, Together Again hingga tembang I Will Survive.

Suasana panas dan sedikit nakal diciptakan Andi Rif yang tampil bersama dengan penari latar wanita, termasuk mengajak penonton wanita ikut berdansa. Vokalis grup Rif itu menyajikan lima lagu yang dipilihnya bersama Eq Puradiredja, mantan vokalis duo acid jazz Humania dan produser musik yang menjadi music director tur tersebut.

Lagu-lagu yang dihadirkan adalah Smells Like Teen Spirit (Nirvana), Elevation (U2), Roxanne (The Police), Radja (Rif), dan When You were Young (The Killers).

Hingga akhirnya kolaborasi apik dimainkan Maliq n & D Essentials, Glenn Fredly, Audy dan Andi Rif menutup 'Urban Jazz Crossover: More Than Jazz' kali ini dengan melantunkan tembang Shine on Silver Moon. [kl/it]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here