Jelang bulan suci Ramadhan, sejumlah musisi mengambil ancang-ancang untuk membuat acara konser, beberapa diantaranya adalah Erwin Gutawa dan Jay Subyakto. Terinspirasi dengan filosofi Walisongo  yang syiar di Bumi Nusantara melalui pendekatan budaya lokal, Erwin dan Jay melakukan syiar dengan pendekatan konser musik bertajuk "The Spirit of Ramadhan", yang dijadwalkan pergelarannya pada 9 September di Balai Sidang Jakarta.

"Ide konser ini sudah lama sekali, sejak empat tahun lalu, tapi baru kesampaian sekarang," kata Erwin Gutawa dalam jumpa pers di HardRock Cafe Jakarta, pekan lalu.

Disebutkan, konser ini akan menampilkan band dan artis yang dinilai sukses menghasilkan karya musik dan lagu Islami, yakni Bimbo, Gigi, Raihan, Opick, Sulis, Ungu dan Gita Gutawa.
 
Ditambahkan, konsep pertunjukan dibagi menjadi beberapa unsur, mulai dari penampilan masing-masing artis/band hingga yang berbentuk kolaborasi di antara mereka, misalnya saja Ungu dan Gita Gutawa, Gigi dan Opick atau Sulis, dan sebagainya.

Ditambahkan Jay Subyakto, sebagai penata seni panggung dan pertunjukan, dirinya sudah mengonsepkan visualisasi pertemuan antara Islam dan kebudayaan masyarakat di beberapa daerah yang merupakan pusat tumbuh dan berkembangnya ajaran itu di Bumi Nusantara.

Saat ditanya apakah gelaran konser ini akan dibuat berseri, mengingat visualisasi belum mewakili budaya nusantara, "Daerah penyebaran Islam di Indonesia banyak sekali, mulai dari Aceh hingga Papua. Tidak mungkin memasukkan semuanya dalam satu konser yang hanya berdurasi dua jam," kata Jay.

"Visualisasinya pun bukan hanya dalam bentuk gambar, tetapi juga tarian, seperti yang saya tahu ada di Aceh, juga sajak yang di Jogja, dan sebagainya," ujarnya menambahkan.

Selain Bimbo, Gigi, Raihan, Opick, Ungu dan Gita Gutawa, "The Spirit of Ramadhan" yang dipromotori oleh Venusa Production Indonesia juga bakal diisi penampilan khusus budayawan Taufiq Ismail dan perkusionis Steve Hassan Thornton.[an/it/foto:istimewa]
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here