Pianis Indonesia, Rudy Octave, meraih rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori permainan piano terlama di dunia versi Indonesia. Lewat acara bertajuk Grand Piano Breaking Record yang diselenggarakan PT Citra Intirama dan House of Piano, Rudy berhasil mencapai waktu 14 jam nonstop bermain piano.

Digelar di Open Space (Arjuna Entrance-West Mall) Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Sabtu, Rudy tampil dengan permainan solo piano dan mengiringi pertunjukan 52 artis, band dan paduan suara, di antaranya Heidy Yunus, Devian, Pasto, Debu, Los Morenitos, dan Vicky Sianipar, mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.

"Saya senang karena bisa mencapai target (waktu) yang ditetapkan, walaupun harus babak belur," katanya sambil tertawa, ketika diwawacarai usai menerima piagam dari Jaya Suprana selaku direktur utama MURI.

Kelahiran Majalengka, Jawa Barat, 1971 itu adalah pendiri SOL Project, sebuah kelompok beranggotakan musisi Indonesia dan Kolumbia yang memadukan unsur musik Indonesia dan Amerika Selatan.

Selama 14 jam non-stop bermain piano, ia hanya diberikan waktu lima menit bila ingin ke toilet maupun sekadar minta dipijiti lengan dan punggungnya oleh kru pendukung acara.

Untuk acara tersebut, Rudy memainkan Grand Piano Stenwey & Son seharga Rp1,8 milyar yang disediakan oleh House of Piano.

Heidy Yunus, yang diwawancarai usai tampil sekitar pukul 16.00 WIB, mengatakan bahwa memainkan piano, apalagi grand piano, memerlukan tenaga lebih besar ketimbang memainkan kibor.

"Tadi pun, sebelum mengiringi saya, dia (Rudy) harus dipijit dulu karena salah satu lengannya agak keseleo (terkilir)," katanya.

Menurut Sawitri Setiawan, general manager marketing Grand Indonesia Shopping Town, acara itu merupakan bagian dari serangkaian program Grand Indonesia Music Exhibition, yang digelar selama satu bulan mulai 25 Juli-24 Agustus untuk memperingati HUT ke-63 Kemerdekaan RI tahun ini.[an/it]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here