Sebuah pagelaran musik Jazz akan digelar oleh sebuah perusahaan perminyakan, Medco group. Konser bertajuk "Medco Green Energy Jazz" merupakan  sebuah rangkaian konser musik yang digelar di empat kota di Pulau Jawa dalam rangka mengkampanyekan sikap hidup ramah lingkungan khususnya di kalangan generasi muda dan turut memerangi efek global warming.

Konser musik jaz ini sasarannya kaum muda maka dilakukan kerja sama dengan kampus-kampus, kata Idang Rasjidi salah seorang panitia konser tersebut di Solo, Senin (25/8).

Menurutnya,  untuk konser tersebut telah diawali tanggal 23 Agustus 2008 yang bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada Yogyakarta (UGM) di Yogayakrta, tanggal 25 Agustus 2008 di Solo yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan pada 27 Agustus 2008 di Semarang bekerja sama dengan Undip serta tanggal 29 Agustus 2008 diadakan di Pekalongan bekerja sama dengan Universitas Unikal.

"Konser Medco Green Energy Jazz bukan sekedar tur konser yang diadakan di empat kota. Melalui konser ini pihak panitia penyelenggara ingin mengkampanyekan sikap hidup ramah lingkungan khususnya di kalangan generasi muda dan turut memerangi efek global warming. Atas dasar latar belakang itulah konser jaz ini diadakan di kampus-kampus," katanya.

Dalam acara tersebut nantinya secara simbolis juga akan diserahkan bantuan bibit pohon penghijauan kepada panitia sebanyak 1000 pohon. Untuk bantuan bibit di Pekalongan pihak Medco Energy menyumbangkan bibit mangrove untuk mencegah abrasi di pantai utara Pekalongan.

Konser gratis Medco Green Energy Jaz yang di gelar Senin (25/8), malam di ISI Surakarta itu dimeriahkan oleh musisi-musisi jazz ternama dari Jakarta antara lain Idang Rasjidi, Edy Syakhoroni, Lea Simanjuntak, Sadu, Ajirao, dan Eguen Bounty.

"Konser ini temanya penyelamatan lingkungan, maka lagu-lagu yang dibawakan nanti juga hampir semua mengenai masalah lingkungan," kata Idang.

Sementara itu dari Staf Medco Riswanto Ramelan, mengatakan untuk membiayai konser di empat kota ini menelan dana sekitar Rp500 juta. Untuk Medco juga punya persemaian bibit pohon penghijauan di Gombong, Kabupaten Kebumen, yang setiap tahunnya menghasilkan 1,2 juta bibit pohon penghijauan.

"Untuk Bantuan bibit pohon penghijauan nanti diserahkan secara simbolis, karena saat ini tidak musim tanam dan nanti kalau sudah musim tanam bantuan bibit tersebut bisa diambilnya." tambahnya. [an/it/foto;istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here