Lama tidak terdengar kabarnya,  Raja Dangdut Rhoma Irama kembali hadir di pentas musik dengan meluncurkan dua lagu terbaru, yang dinyanyikan secara duet bersama penyanyi Malaysia, Toh Puan Noor. "Dua lagu ini,  Jana Jana dan Syahdu dibuat dalam versi India," kata Bang Haji, sapaan akrabnya, dalam jumpa pers di Kinara Resto, Kemang, Jakarta Selatan, Rabu.

Album itu dibuat bekerja sama dengan organisasi sosial Persatuan Bencana Alam Kedah (PBANK) dan Falcon, untuk membantu masyarakat yang menderita karena bencana alam di Kedah.PBANK adalah organisasi sosial di Malaysia yang didirikan oleh Tengku Badlisah, adik raja Kedah, dan isterinya, Toh Puan Noor.

Toh Puan Noor, yang hadir dalam jumpa pers, menyatakan bahwa Rhoma Irama sudah sering membantu PBANK dalam kegiatan menggalang dana amal. "Kami cari dana untuk membantu massa-massa (orang-orang, red) yang kurang beruntung," katanya dalam aksen Melayu.

Sementara itu, Direktur Utama Falcon, HB Naveen, menyatakan pihaknya bersyukur karena dilibatkan dalam pembuatan album tersebut. "Ini komitmen kami untuk menghargai legenda musik yang telah berjasa memajukan industri musik Tanah Air," katanya.

Rhoma Irama mengakui cukup kesulitan membawakan lagu  Jana-Jana dan Syahdu dalam bahasa India.

"Bahasa India seperti bahasa Arab, kalau sebut panjang atau dengungnya salah, maksudnya akan menjadi lain. Kita semaksimal mungkin mengucapkannya dengan benar, sehingga orang India yang mendengarnya tidak akan menyangka kalau penyanyinya adalah orang Indonesia dan Malaysia," katanya.

Ia juga mengatakan, proses rekaman dilakukan di India untuk mengingatkan bahwa negeri Hindustan itu adalah tempat bersejarah bagi genre musik dangdut. [an/it/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here