Lama tidak terdengar kiprahnya, ternyata pasangan penyanyi lawas, Titiek Sandhora  dan Muchsin Alatas sedang menggelar aksi di Irak bersama Tim kesenian Indonesia.

”Kami masih eksis, ya mungkin yang muda-muda nggak mau dengar lagu kami. Buktinya kemarin kami manggung di negara Irak,” kata Titiek Sandhora di Jakarta Selatan, Minggu (1/9).

Titiek bersama suaminya dan tim kesenian Indonesia diundang khusus korps diplomatik negara sahabat, pejabat pemerintah Irak, dan lembaga internasional melantunkan tembang-tembang lawasnya.  Dua kota menjadi saksi aksi mereka. ”Kota pertama adalah di Baghdad, yakni berlangsung di Hotel Al-Mansour, Baghdad, Irak, pada Kamis (22/8) menyusul, di Erbil, Kurdistan yang merupakan wilayah otonomi Irak kami tampil di Ashti Hall, pada Sabtu (24/8),” ujarnya.

Ini merupakan aksi pertama kali mereka pasca dinonaktifkan KBRI Baghdad akibat invasi Amerika Serikat dan pasukan koalisi Irak pada Maret 2003. Dengan kondisi tersebut, tentunya rasa khawatir berkecamuk saat pertama kali berangkat.

“Sebelum berangkat banyak teman-teman yang wanti-wanti, Mulai dari bilang kondisinya tidak aman, rawan bom segala macam,” kata Muchsin.

“Soalnya waktu saya mau berangkat (ke Irak), teman-teman tanya mau kemana, saya bilang  mau nyanyi ke Irak jawabanya, apa nggak salah" Tapi ternyata Alhamdullilah aman saja. Acara pun berjalan lancar. Responnya luar biasa,” kata Titiek yang berduet dengan suaminya melantunkan lagu populer mereka Hatimu Hatiku.

Keduanya pun menyanyikan lagu berbahasa arab,  Athlal (Sukaara) judulnya. Lagu yang dipopulerkan penyanyi legendaris dari Mesir, Ummi Kalsum dinyanyikan dengan irama yang berbeda.

”Kami dipuji pejabat pemerintah Irak, Mereka bilang, tidak menyangka  penyanyi Indonesia bisa membawakan lagu itu. Apalagi lagu Athlal sudah lama tidak dinyanyikan di sana,” kata Muchsin yang juga membawakan tari Saman, tari Piring, tari Jaipong.

Memang tidak mudah menyanyikan lagu berbahasa arab. Namun mereka sengaja menyiapkan lagu tersebut karena yakin semua orang Arab pasti tahu. “Makanya bisa dibilang ini lagu gacoan saya untuk menghibur orang Arab,” kata Muchsin yang tampil dengan iringan musik, musisi Adiansyah.[jpnn/tmn/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here