SarasvatiBand asal Bandung, Sarasvati, dikenal sebagai band yang produktif. Sepanjang 5 tahun perjalanan karir bermusik mereka tercatat sudah 4 album yang dihasilkan, yaitu Story of Peter (2010), Mirror (2012), Sunyaruri (2013), serta Ballades (kolaborasi dengan Gran Kino, 2015). Dan dalam waktu dekat sebuah album bertajuk "Ratimaya Sarasvati" siap mereka hadirkan untuk pecinta musik Indonesia.

Album milik band beranggotakan Risa Saraswati (Vokal), Marshella Safira (Vokal Latar), Hinhin Akew (Gitar), Gallang perdhana (Bass), Gigi Priadji (Sequencer), Papay Soleh (Drum), Kevin Rinaldi (Kibor), dan Iman Jimbot (Kecapi & Suling) tersebut telah diramu dalam 6 bulan terakhir. Yang menarik disini adalah, album ini tak lagi soal hantu. "Ini adalah cita-cita kami sejak lama," ungkap Risa mewakili personil lainnya. 

Album ini berjudul "Ratimaya Sarasvati", yang artinya Bayangan Keindahan. Yang menarik dari album ini adalah konsep pengemasan lagu ke lagu. Ada sebuah benang merah yang akhirnya menghubungkan 10 lagu yang ada di album rilisan Demajors ini. Sebuah sosok fiktif bernama Ratimaya diangkat menjadi jarum yang menjahit benang album ini. Tak hanya itu, di album ini Sarasvati juga berkreasi membuat Audio Book yang menjadi penghantar antar lagu. 

Musik Sarasvati yang didominasi piano, string, kecapi suling, dan nada-nada minor masih menjadi menu utama dalam album ini. Lirik lagu pun beranekaragam, 50% bahasa Indonesia, 45% bahasa Inggris, dan 5% bahasa Sunda. Tercatat di album sebelumnya Sarasvati mengajak beberapa nama musisi untuk berkolaborasi, antara lain Tulus, Cholil ERK, Dewa Budjana, dan Ink Rosemary. Di album ini Sarasvati mendaulat Anji dan Agung Burgerkill untuk berkolaborasi di dua lagu mereka. Yang tak kalah menarik, di album ini Sarasvati mengaransemen sebuah lagu milik Homogenic, band yang pernah membesarkan nama Risa Saraswati sebelum membentuk Sarasvati.

Untuk menandai peluncuran album "Ratimaya Sarasvati", Sarasvati berkolaborasi dengan Merchant of Emotion akan menggelar sebuah konser musik teatrikal di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, pada tanggal 1 Oktober mendatang. Klik disini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang konser tersebut! (pr/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here