Bambu Nusantara World Music Festival kembali akan digelar di gedung Sasana Budaya Ganesha ITB, pada 1 hingga 2 Oktober 2011. Perhelatan tahunan yang kelima kalinya ini antara lain akan menampilkan Sawung Jabo, Dwiki Dharmawan, dan Sarasvati.

Dari kelompok musik bambu kontemporer, akan tampil juga Sruti Respati, Babendjo, Samba Sunda, Balawan & Gamelan Maestro Project, Punklung, Jendela Ide, dan Europe in de Troppen. Sedangkan di kelompok musik bambu tradisional, bakal tampil Galengan Sada Awi, Suling Sorgawi, serta kelompok musik angklung dari pelajar SMP dan SMA di Bandung, serta Komunitas Hong.

Menurut juru bicara panitia acara, Sulhan Syafei, festival kali ini lebih banyak mengundang penampil muda. "Festival kelima ini akan menjadi titik awal dari regenerasi talent," katanya, Senin 26 September 2011. Hal lain yang berubah yaitu adanya tiket untuk menonton acara di panggung utama, sedangkan dua panggung lainnya tetap gratis.

Festival juga bakal menampilkan karya-karya bambu kreatif dari kampus Fakultas Seni Rupa & Desain Institut Teknologi Bandung, Desain Produk Institut Teknologi Nasional, serta Bengkel Kostum STSI Bandung. Adapun workshop akan melibatkan Abah Dasep dengan biola bambunya, perajin angklung, wayang bambu, dan payung geulis. [tnr/as/it1]
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here