Rencana konser NOAH di kota Mojokerto, Jawa Timur, menuai kecaman dan protes dari warga setempat. Pasalnya konser yang sedianya akan digelar di Lapangan Surodinawan pada Jumat (3/10/2014) tersebut berbarengan dengan malam takbiran Idul Adha untuk warga Muhammadiyah.

Sabtu (4/10/2014) atau keesokan harinya tidak lain adalah hari raya Idul Adha untuk umat Islam ini. Sementara pemerintah menjadwalkan idul Adha jatuh pada Minggu (5/9/2014).

Pihak Muhammadiyah di kota itu bahkan telah menyampaikan keberatan resmi secara langsung kepada penyelenggaraan konser NOAH.  

Sementara itu, Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Muhammad Fatoni meminta penyelenggara menghormati malam takbir bagi warga Muhammadiyah.

"Kalender memang lebih dulu beredar dan mencantumkan Idul Adha jatuh 5 Oktober. Tapi semua harus menghargainya dengan tidak menggelar konser pada malam takbir. Jika memaksa konser, masukkan nuansa syiar Idul Adha atau menyerahkan hewan kurban ke masjid sekitar," kata Fatoni.

Sebelumnya, Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus sudah mengeluarkan edaran tentang larangan beroperasinya tempat hiburan saat Idul Adha. Edaran ini melarang tempat-tempat hiburan termasuk karaoke buka diatas pukul 18.00 pada tanggal 3, 4 dan 5 Oktober 2014. 

Konser pun harus tunduk pada edaran ini. Atau jika tetap ingin digelar, konser harus selesai sebelum jam 18.00 WIB. (Tribunnews/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here