Superman Is Dead (SID) merilis album kelimanya bersama Sony Music, bertajuk "Sunset Di Tanah Anarki". Di album tersebut Jerinx (drum), Eka Batu (bass), dan Bobby Kool (vokal, gitar), lancang menyuarakan kemanusiaan, perdamaian, kesetaraan, dan cinta tanah air.

Ada 17 lagu di dalamnya. "Jadilah Legenda" merupakan lagu bernuansa balada yang sengaja dipilih oleh ketiganya sebagai single perdananya. Sama sekali tidak terdengar ingar bingar distorsi yang menyertainya.

Alunan nada "Jadilah Legenda" secara teknis memadukan melodi akustik dengan sentuhah lirik yang semangat cinta tanah air.  

"Dalam penggalan lirik ada kalimat, 'Akulah halilintarmu'. Di situ kami ingin menyampaikan kalau kita tuh punya sesuatu yang berharga. Kamu harus bangga dan harus menunjukkan kalau itu punya kamu," ucap Jerinx, di Jakarta (21/10)

Menurut SID, Kini bukan rahasia lagi Indonesia negara yang kaya hasil bumi, memiliki keindahan alam luar biasa. Sayangnya kekayaan itu tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan rakyat. Pembangunan tidak merata. Masih banyak rakyat Indonesia hidup dalam keterbatasan dan ketidakadilan.

Itulah yang menjadi kegelisahan mereka sebagai musisi dan orang Indonesia. Band yang berdomisili di Pulau Dewata, Bali itu, menuangkannya dalam album kelimanya tanpa kehilangan daya kritis. Mereka ingin menyadarkan rakyat Indonesia, terutama para pemimpin negeri ini akan kenyataan tersebut.

"Itu yang ingin kami angkat. Tema-tema lagu dalam album ini adalah harapan," lanjutnya.

"Sunset Di Tanah Anarki" menjadi harapan Jerinx, Boby, dan Eka terhadap Indonesia, yang juga digambarkannya secara metafor tentang betapa indahnya suasana saat matahari tenggelam di atas tanah kebebasan.

Dalam kesempatan itu, Jerinx ingin meluruskan istilah anarki, yang menurutnya selama ini telah dimaknai secara salah kaprah oleh banyak orang. Ia menyebut bahwa anarki bukanlah kekerasan atau tindakan liar dan barbar.

"Tetapi, anarki adalah kebebasan berpikir, lepas dari penindasan," tandasnya.

Album "Sunset Di Tanah Anarki ini sebetulnya sudah dirilis lebih dulu secara digital, pada 16 Oktober 2013 via iTunes. Sehari setelah perilisan, album tersebut langsung menduduki peringkat kedua dalam chart iTunes. [jpnn/trib/C2/foto:istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here