Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan menyelenggarakan acara Jakarta Philharmonic Orchestra, di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, hari ini, 28 November 2013 pukul 19.30 WIB.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Arie Budiman menuturkan, acara ini digelar dalam rangka merayakan jelang 100 tahun Ismail Marzuki yang akan dimeriahkan oleh para musisi dan komponis andal.

Menurut Arie, dalam pergelaran JPO tersebut akan disajikan lagu-lagu karya Ismail Marzuki, diantaranya Lambayan Bunga, Chandra Buana, Wanita, Bunga Anggrek, Rangkaian Melati, Djuwita Malam, Indonesia Pusaka, Halo-Halo Bandung dan sebagainya. 

Konser "Menjelang 100 Tahun Ismail Marzuki" akan dimeriahkan oleh sejumlah pemusik handal, antara lain Yudianto Hinupurwadi (conductor-musical director), Mariam Tamari (soprano), Lunars (paduan suara) dan Jakarta Philharmonic Orchestra. 

Lebih lanjut, Arie mengungkapkan, Jakarta Philharmonic Orchestra merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Kami dibiayai APBD untuk memfasilitasi semua acara budaya yang ada di Jakarta. Kita ingin jadikan Jakarta kota berbudaya yang artinya juga tidak berbatas pada acara festival, tetapi ada upaya untuk melakukan propaganda budaya," tandasnya.

Melalui kegiatan tersebut, dia mengharapkan seluruh masyarakat dapat lebih meningkatkan apresiasi terhadap lagu-lagu karya komponis besar Ismail Marzuki. 

"Selain itu, kita juga berharap pergelaran ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat bagi para musisi muda untuk lebih kreatif dalam berkarya, sekaligus mengobati kerinduan bagi para pecinta orkestra klasik di Jakarta," tambah Arie. 

Ismail Marzuki adalah komponis besar Indonesia yang lahir di Jakarta pada 11 Mei 1914 dan wafat di Jakarta pada 25 Mei 1959 pada usia 44 tahun. (antara/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here