Menyusul sukses UGM Jazz pada 23 Mei 2009 silam, UGM kembali menggelar konser jazz untuk memuncaki perayaan hari jadinya yang ke-60. Konser yang bertajuk UGM-Mandiri Jazz 2009 ini akan digelar pada Selasa, 15 Desember 2009, di Graha Sabha Pramana, Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta.   

Untuk menarik minat penonton, kali ini panitia akan menghadirkan kembali grup jazz super yang sudah lama vakum, yakni Java Jazz. Java Jazz adalah grup besar yang pernah amat berjaya pada paruh pertama dasawarsa 1990-an, sebelum kemudian para anggotanya sibuk dengan kegiatan masing-masing. Dedengkot grup ini adalah Indra Lesmana. Dalam dua bulan terakhir ini, ia berinisiatif membangkitkan kembali grup besar ini melalui latihan secara intens. Sebelum manggung di Yogyakarta, Java Jazz lebih dulu direncanakan melakukan re-launching dengan menerbitkan album terbarunya, pada Kamis, 10 Desember 2009, di Jakarta. Karena itu, event akbar UGM-Mandiri Jazz 2009-yang kini kian mantap eksistensinya dalam peta dan agenda jazz di tanah air-akan dijadikan momentum penting kebangkitan kembali Java Jazz.

Setelah meninggalnya peniup sax andal almarhum Embong Rahardjo, Java Jazz mengalami sedikit perubahan formasi, menjadi: Indra Lesmana (keyboards, grand piano), Dewa Budjana (guitar), Gilang Ramadhan (drums), Donny Suhendra (guitar), dan Ananda Mates (bass). Semua personalnya adalah talenta-talenta jazz terbaik di negeri ini. Di UGM-Mandiri Jazz, grup Java Jazz akan tampil di babak kedua. Yang juga menarik, sebelum Java Jazz tampil, Syaharani akan mengawali penampilan kembali grup super ini. Java Jazz direncanakan membawakan kombinasi antara lagu-lagu lama (hit mereka yang paling dikenang adalah Bulan Di Atas Asia) serta sejumlah lagu baru.

Selain grup Java Jazz, konser UGM-Mandiri Jazz 2009 juga akan menampilkan generasi jazz baru yang tengah naik daun, yakni Barry Likumahuwa Project. Barry adalah pemain bass yang bertalenta tinggi, yang musiknya dapat disambut baik oleh para penonton muda usia. Penampilan kelompok ini akan dibantu oleh ayahanda Barry, yaitu musisi senior serba bisa yang akan meniup trombone, yakni Benny Likumahuwa. Selain memainkan nomor-nomor instrumental, kelompok ini juga akan mendampingi penyanyi jenis R & B, Ello, yang diantaranya akan melantunkan lagu andalannya, Pergi Untuk Kembali. Selain Ello, penyanyi senior Bertha juga akan meramaikan konser besar yang formatnya menyerupai "semi festival" ini.

Tiket acara yang akan dipandu oleh Farhan dan Sarah Sechan ini dijual dengan harga bervariasi, yaitu Rp 20 ribu, Rp 40 ribu, Rp 75 ribu, Rp 150 ribu dan Rp 200 ribu. Buat penggemar jazz, khususnya yang ada di Jogjakarta, jangan lewatkan acara ini! (okezone/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here