Sekitar 14 grup keroncong akan tampil dalam International Keroncong Festival 4 sampai 6 Desember di Sitiinggil Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah. 14 grup itu datang dari berbagai daerah di Indonesia dan satu diantaranya berasal dari Malaysia. Untuk memeriahkan acara akan hadir artis-artis ibukota seperti Ikhsan Idol, Tia AFI dan Melly Goeslaw.

Sitiinggil terpilih sebagai lokasi acara dengan maksud untuk mempromosikan Keraton Kasunanan Surakarta sebagai obyek pariwisata, dan diharapkan bisa membangkitkan ekonomi daerah.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan keroncong bisa lebih banyak digemari oleh masyarakat dan tidak hanya generasi tua, tetapi juga kepada generasi muda yang ada di tanah air ini.

Menurut ketua panitia festival, Beng Mitosih di Solo, Selasa (2/12), penyelenggara menyediakan 100 hingga 200 tempat duduk undangan khusus. Sementara masyarakat bisa menyaksikan pagelaran ini melalui di layar lebar di Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta, .

Festival akan diawali penampilan "Solo Keroncong Orkestra" yang dimainkan 40 anak-anak muda. Melalui penampilan ini diharapkan akan bisa memberikan suasana tersendiri bagi generasi muda untuk mencintai jenis musik ini.

Dari 14 grup keroncong yang akan tampil di antaranya Harmony Chinese Musik asal Bandung, Yayasan Warisan Johor Malaysia, IRama Bama Surabaya, Rinonce Yagyakarta. (antara/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here