Setelah diadakan di Bandung tahun lalu, pergelaran musik pop Islami yang bertajuk Menembus Batas akan kembali digelar di Ibukota.

"Tahun ini kembali digelar di Jakarta, walaupun sesungguhnya kami berharap Konser Menembus Batas dapat digelar di berbagai kota seperti di Aceh, Medan, Makassar, atau Papua," kata Dwiki Darmawan selalu konduktor dan penata musik, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Pergelaran ini pertama kali diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta tahun 2006. Konser ini merupakan bentuk kolaborasi antara musisi dan penyair yang mencoba membangkitkan semangat penulisan lagu menggunakan bahasa sastra.

"Awalnya kami ingin mengangkat kualitas musik pop Indonesia. yang dinilai menurun kualitasnya di segi lirik," kata Dwiki.

Ketua Dewan Kesenian Jakarta yang juga musisi pendiri kelompok musik Krakatau tersebut mengakui dirinya sangat terinspirasi pada kegiatan musikalisasi puisi yang dilakukan para seniman dan musisi Indonesia di era 1970-an.

Konser Menembus Batas yang ketiga ini secara khusus juga merupakan acara untuk menghormati penyair Taufik Ismail, karena banyak puisinya yang dilagukan dan dinyanyikan oleh artis terkenal Tanah Air, antara lain Bimbo dan GIGI.

Taufik Ismail, yang hadir dalam jumpa pers, mengatakan dirinya merasa gembira sekali mendapat penghormatan seperti ini.

Pada 1974, katanya, ia bersama sejumlah penyair melakukan kolaborasi dengan musisi seperti Bimbo dan Panbers sampai berhasil mementaskan pertunjukan musik dengan lagu-lagu yang dibuat berdasarkan puisi karya seniman termasuk dirinya, Ajib Rosidi dan Wing Kardjo.

Konser Menembus Batas 3 (Ketiga) tahun ini akan digelar di Granada Ballroom Menara 165 di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, pada Kamis, 4 Desember 2008, mulai pukul 20.00 WIB.

Artis yang akan tampil diantaranya Bimbo, Ahmad Albar, Krisdayanti, Dhea Imut, Aning Katamsi, dan Maliq & The Essentials. (antara/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here