Pergelaran musik "Solo City Jazz 2009" yang akan digelar di halaman Pasar Windujenar, Kota Solo, Jawa Tengah, pada 5 dan 6 Desember 2009 akan dimeriahkan oleh musisi-musisi ibukota. Yang sudah memastikan akan hadir adalah Donny Suhendra, Andien, Agam Hamzah, Maya Hasan, Dian Pramana Putra, Deddy Dukun, Yovie Widianto, serta bassis grup band Padi, Rindra Risyanto.

Mereka akan saling berkolaborasi dalam ajang bertema "Jazz Up Batik" tersebut. Selain itu mereka juga juga akan berkolaborasi dengan sejumlah musisi lokal, seperti Sruti Respati, Kiki Dunung, Wayan Sadra dan Sono Seni Ansamble, dan grup asal Yogyakarta, Clorophyl.

"Selama ini musik jazz dikenal sebagai musik yang lebih banyak dikonsumsi masyarakat kelas atas. Akan tetapi, dalam peregelaran kali ini musik jazz akan dikemas lebih merakyat dengan dikolaborasikan dengan bentuk-bentuk kebudayaan masyarakat Solo, dalam hal ini adalah batik," ungkap direktur pertunjukan acara tersebut, Gideon Momongan.

Semangat dalam kebebasan berekspresi pada musik jazz dan kesenian batik, menurutnya, menjadi motivasi tersendiri dalam mengkolaborasikan dua hal tersebut.

"Hal tersebut akan tersaji dalam pengemasan panggung yang akan dijadikan tempat pertunjukan," kata Gideon.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, Joko Widodo mengatakan, "Solo City Jazz 2009" merupakan salah satu dari sejumlah acara besar tentang kesenian yang diadakan di Kota Solo.

"Selain untuk mempromosikan Kota Solo, acara tersebut juga bertujuan untuk menunjukkan spirit kota ini sebagai kota budaya," kata dia.

Joko Widodo berharap, pergelaran musik jazz tersebut dapat dilakukan setiap tahun di Solo sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk hadir di kota tersebut. (antara/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here