Mulai Agustus 2009 nama besar Peterpan hanya akan jadi kenangan. Namun penggemar band asal Bandung itu tak perlu khawatir karena kebesaran nama mereka masih bisa dilihat lewat replika patung para personel grup di ruang komersial Museum Nasional Jakarta.

Patung band yang diperkuat oleh Ariel (vokal), Uki (gitar), Reza (drum), dan Loekman (gitar) itu merupakan inisiatif Musica Studio sebagai perusahaan rekaman yang menaungi Peterpan. Mereka ingin memberikan apresiasi atas beragam catatan prestasi yang pernah dibuat Peterpan. Begitu usul disampaikan, pihak Museum ternyata menyambut positif. Awalnya, Peterpan merasa masih belum pantas dimuseumkan.

"Tapi, setelah dijelaskan, akhirnya kita sepakat," ucap Ariel saat jumpa pers di Museum Nasional. Menurut Ariel, ada dua alasan mengapa mereka akhirnya mau. Pertama, konsepnya sesuai dengan album terakhir Peterpan yang belum lama ini dirilis, yaitu sebuah museum.

"Kedua, kita ingin mengajak Sahabat Peterpan (sebutan untuk penggemar Peterpan) untuk datang ke museum. Mudah-mudahan ini langkah awal untuk selanjutnya diikuti masyarakat luas agar mereka mau berkunjung ke museum," jelas Ariel yang juga baru kali pertama ke museum itu.

Budi L. tobing, seniman pembuat patung replika Peterpan, pernah mempertanyakan apakah benar para personel mau dipatungkan. Sebab, menurut Budi, selama ini sebuah patung tentang sosok seseorang dibuat ketika orang bersangkutan sudah meninggal dunia.

Meski demikian, kata Budi, karena seluruh personel Peterpan setuju, tidak masalah. Patung yang terdiri atas enam personel Peterpan dalam formasi awal -termasuk Andhika dan Indra yang kini membentuk The Titans- itu selesai dalam waktu dua bulan.

Patung itu terbuat dari resin atau fiber glass. Beratnya mencapai sekitar 100 kilogram dan ukurannya adalah dua per tiga dari ukuran tubuh aslinya. "Pada patung, tinggi Ariel jadi 105 sentimeter," terang Budi.

Ariel sendiri tidak mempermasalahkan meski sebuah patung biasa dibuat untuk mengenang seseorang, Menurutnya nama Peterpan segera berakhir, tapi mereka harus meninggalkan sesuatu untuk Sahabat Peterpan.

Peterpan sejauh ini telah menghasilkan empat album, satu album greatest hits, lebih dari 30 lagu hit, dan albumnya terjual lebih dari lima juta kopi di pasaran. (JP/bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here