Pagelaran Musik  "Jakarta International Blues Festival 2011", tadi malam (17/12/2011) berlangsung sukses. Ribuan penggemar blues tanah air berkumpul di areal pagelaran sekitar Istora Senayan sejak pukul 10 pagi.

Sejumlah musisi yang tampil lebih awal, dari siang  hingga menjelang petang,  mengisi beberapa stage. Seperti stage Biru yang diramaikan oleh Gugun Blues Shelter, Patnam Band, TOR, dan Bopomofo. Kemudian Stage Hitam yang dimeriahkan oleh Naked Soul hingga Tjahjo Wisanggeni. Tidak kalah seru, stage Merah yang diramaikan oleh musisi dari Ina Blues dengan Ladies In A Blues Band, Soulmate, hingga Ina Blues  All-Star dengan bintang tamu Kara Grainger (Austalia) dan Shun Kikuta (Jepang).

"Kami menyediakan 5 stage bagi puluhan musisi tanah air dan sang blues legendaris John Mayall," ujar Oding Nasution, yang dalam JIBF ditunjuk sebagai penasehat.

Meskipun Istora Senayan diliputi dengan cuaca mendung dan gerimis, namun hal itu tidak mengurangi antusiasme penonton yang  ingin menyaksikan musisi favoritnya. Misalkan saat  Gugun Blues Shelter naik pentas, ribuan penonton tetap berdiri di depan panggung. Tidak kalah bersemangatnya, Gugun yang membawakan lebih dari sepuluh lagu tetap  tampil enerjik.

Menjelang malam, suasana Istora Senayan menjadi lebih hirukpikuk setelah azan magrib berkumandang. Rencana  kedatangan Gubernur DKI , Fauzi Wibowo membuat petugas keamanan dan panitia JIBF makin sibuk. Pengamanan dipintu masuk pengunjung dan panitia juga lebih diperketat. Untung  acara pembukaan JIBF  sesuai dengan jadwal. Setelah sambutan dari panitia, Gugun Blues Shelter and Friends kembali menggebrak panggung utama hingga naik pentasnya musisi blues kelas dunia John Mayall.  

Acara JIBF tahun 2011 bisa dibilang sukses. Ribuan tiket laku, bahkan sempat dicetak kembali menjelang  hari H. Antusiasme bukan hanya datang dari penggemar blues yang sudah "berumur", anak-anak muda hingga pelajar SMP juga datang menjubeli beberapa stage. "JIBF ini seperti ajang "kenduri"nya musisi dan penggemar blues tanah air. Semoga ditahun mendatang bisa lebih seru lagi," ujar Oppie Andaresta, penyanyi yang sering didaulat mengisi acara JIBF dari tahun ketahun. [it/foto:istimewa]