Mengulang sukses penyelenggaraan ASEAN Jazz Festival 2008, Departemen Kebudayaan Dan Pariwisata Republik Indonesia berencana menggelar kembali acara tersebut, 7-8 Agustus 2009.

Acara yang akan digelar di Coastarina Batam akan menghadirkan  banyak musisi, diantaranya RAN – Notturno – Tohpati Quartet – Sketsa – Devian – Baim Trio – Imelda Rosalin Trio Feat Arina Mocca – Alien Loves Earth (Baron ‘Soulmates’ – Krishna ‘ex-Ada Band’ – Budi Haryono ‘Tiket’ – Rindra ‘Padi’ – Once ‘Dewa’) – Mangrove – Chepy ‘n Friends (lokal Batam). Dari negara  tetangga (kawasan ASEAN) akan tampil Lewis Pragasam Trio (Malaysia) – Aya Yuson Quartet (Philiphines) – Tze (Singapore) – The Intersect 3+1 (Thailand).

Dalam press releasenya yang diterima Indonesiantunes, dilanjutkannya acara ini merupakan upaya pemerintah dalam menggaungkan kampanye Visit Indonesia 2009, sekaligus membuktikan bahwa Indonesia merupakan pelopor penyelenggaraan Festival Musik Jazz yang  melibatkan musisi-musisi muda Jazz berbakat dari negara-negara ASEAN.

Dalam acara koneferensi pers yang digelar Kamis, 9 Juli 2009 lalu, hadir sejumlah musisi pendukung  diantaranya Imelda Rosalin, Gerald , Sketsa, Masmo, Notturno, Rindra, dan Alien Loves Earth.  

Dipilihnya kota Batam untuk penyelenggaraan acara ini, menurut panitia, karena Batam mudah dijangkau oleh wisatawan mancanegara melalui Singapura. Tidak hanya itu, kota ini memang semakin berkembang. Selain sebagai kota Industri, juga sebagai kota perlintasan  para turis. Tidak ada salahnya "mencegat" mereka dengan menyuguhkan acara menarik ini.

Informasi lengkap mengenai acara ini bisa diakses di http://www.aseanjazzfestival.com. [lys]