Group band papan atas di tanah air, Slank tampil memukau di hadapan 20-an ribu pendukung fanatiknya yang membludak dalam konser bertajuk "Amboina Specta Show 2008", di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang, Kota Ambon, Kamis.

Konser yang digelar Harian Umum Siwalima bekerja sama dengan Polda Maluku, A Mild dan Telkomsel itu, merupakan menjadi "kado" terindah yang dipersembahkan jajaran Polda Maluku dan Kodam XVI/Pattimura, karena mampu menjaga kondisi keamanan di Maluku tetap kondusif dan aman pasca Pilkada Maluku, 9 Juli 2008 lalu, serta Pemilihan Bupati-Wakil BUpati Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) dan pemilihan Walikota-Wakil Walikota Tual, 12 Agustus lalu.

Konser itu dibuka secara bersamaan oleh Kapolda Maluku, Brigjen Pol. Mudji Waluyo dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI. Rasyid Qurnuen Aquary bersama-sama ibunda pentolan group Slank yang sering disapa Bunda Ifet oleh para Slankers.

Sebelum Slank hadir, artis Melanie Subonno yang menjadi "ikon" penyanyi rock wanita di Indonesia itu, juga tampil memukau para slanker yang memenuhi lapangan sepakbola terbesar di Kota Ambon itu.

Slank membuka pertemuan dengan para fansnya dengan tembang "hits I Miss You But I Hate You" menyusul "Gara- Gara Kamu" dan Generasi Biru yang dilantunkan oleh suara khas Kaka yang ngerock, membuat penonton berjingkrak dan histeris.

Usai tiga tembang pembuka, Kaka kemudian menyanyikan yakni Mars Slanker yang diciptakan khusus bagi para penggemarnya itu, yang isi syairnya mengajak generasi muda untuk hidup mandiri dan tidak cengeng. Rupa-rupanya, lagu ini sangat dihafal oleh para slanker mania di Ambon, karena semua terlihat menyanyi bersama sambil berjingkrak mengikuti gaya Kaka di atas panggung.

Selanjutnya, berturut-turut group band yang digawangi, Kaka, Bimbim, Abdee, Ivan dan Rido yang juga berasal dari Ambon itu, meluncurkan tembang-tembang hitsnya dari 18 album yang telah diciptakan yakni "Loe Harus Grak", "Virus, Bang2 Tut, Tong Kosong, Maafkan, Terlalu Manis dan Sambar Gledek.

Di tengah-tengah lagu yang dinyanyikan, personil band yang telah berkarya selama 25 tahun ini, terus menyampaikan pesan-pesan moral mereka untuk memberantas narkoba. "Tinggalkan narkoba sebelum terlambat, karena tidak ada gunanya," ujar Kaka seraya mengajak slankers mania, termasuk ribuan personil Polisi dan TNI yang hadir itu untuk meneriakkan "katakan tidak untuk narkoba".

Di tengah-tengah konser yang berlangsung selama dua jam itu, Kaka Slank juga mengajak pendukung fanatiknya termasuk ribuan personel TNI/Polri yang hadir untuk menyanyikan sebuah lagu bertema kemerdekaan yakni "Hari Merdeka" guna menggugah semangat dan rasa nasionalisme. "Kebetulan sekarang masih bulan Agustus, dari kita baru selesai merayakan kemerdekaan, maka tidak salahnya kita semua menyanyikan lagu ini secara bersama," ajak Kaka.

Para mantan pecandu narkoba ini, kemudian meluncurkan tembang yang paling banyak direquest oleh slanker mania di Ambon dalam konser itu yakni "Seperti Para Koruptor", yang sengaja diciptakan untuk mengingatkan para koruptor yang memakan uang rakyat di negara ini.

Guna melampiaskan 10 tahun kerinduannya untuk manggung kembali di Kota Ambon, Kaka Slank kemudian meminta salah seorang satu "nona Ambon hitam manis" untuk naik pangung dan berduet bersama menyanyikan hits mereka "Pandangan Pertama" yang sudah dipopulerkan Slank bersama Nirina Zubir.

Maryoni Saherlawan, si nona Ambon hitam manis yang sempat ikut audisi Indonesian Idol IV dan V di Jakarta ini, dan diajak naik panggung itu, tidak menyia-nyiakan kesempatan langka untuk berduet, bergoyang dan dan berpelukan bersama Kaka.

Mahasiswi Universitas Pattimura ini sukses menggoyang panggung dengan gayanya yang centil membuat personil Slank dan penonton terhibur benar-benar terhibur dan bergoyang serta maupun bernyanyi. Gaya Maryoni malah tidak kalah dengan Nirina Zubir yang sempat berduat dengan Kaka dan turut mempopulerkan lagu itu.

Kaka kemudian memuaskan para penggemar mereka dengan menyanyikan lagu "Orkes Sakit Hati", "SBY" serta Ku Tak Bisa, dan menutup konser itu dengan dua hits terakhir yakni Kuil Cinta dan Kamu Harus Pulang.

Bahkan di tengah-tengah lagu "kamu harus pulang" Kaka masih sempat mengingatkan slankers mania dan masyarakat Kota Ambon untuk memelihara kondisi yang semakin kondusif, jauhi konflik serta tidak menggunakan narkoba.

"Kami ingin Ambon tetap aman, sehingga dapat menjawab rindu kami untuk kembali ke Ambon yang indah karena keindahan pantai serta masakannya," ujar Kaka menutup konser yang berlangsung aman tanpa diwarnai kerusuhan seperti yang terjadi di daerah lain itu.[ant/it/foto;istimewa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here