Harus disadari, bahwa kanker payudara merupakan pembunuh nomor dua bagi kaum wanita di Indonesia setelah kanker rahim. Patut disadari pula bahwa tidak hanya wanita, pria pun bisa terserang kanker payudara. Cara sederhana untuk mengetahui apakah mengalami gejala kanker payudara adalah dengan SADARI alias periksa payudara sendiri.

Pengobatan adalah salah satu cara menyembuhkan penderita kanker payudara. Namun akan lebih baik lagi bila orang-orang yang ada di sekitarnya turut memberikan semangat dan dukungan. Selain itu, "berbuat baik bisa dalam banyak hal," ujar Nirina Zubir, berkaitan dengan menunjukkan kepedulian dan dukungan kepada penderita kanker payudara.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah acara bertajuk HELLO! Loves You Charity Concert Changing Life – The Diva Reunion Concert. Diselenggarakan oleh majalah HELLO! Indonesia bersama Olay Total Effects di Plennary Hall Jakarta Convention Center pada Selasa (16/10/2012) malam. Hasil penjualan tiket sepenuhnya akan diberikan kepada Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta.

Dengan mengusung tema reuni, 20 penyanyi wanita yang disebut sebagai diva dalam acara ini dihadirkan. Sederetan penyanyi antargenerasi silih berganti mengisi panggung. Kesan reuni diwakilkan pada lagu-lagu era tahun lawas 80-90-an dan awal 2000-an. Marissa Nasution dan Novita Anggie turut hadir memberikan pesan-pesan positif seputar kanker payudara. Tata cahaya dan visual multimedia canggih turut menghiasi pagelaran amal ini.

Di awali oleh Zahra Damariva yang menyanyikan "First Love" yang dipopulerkan oleh Nikka Costa di awal 80-an. Dilanjutkan oleh duet Radhini dan Aimee Saras di lagu "You've Got A Friend" sebelum ketiganya kemudian bersama-sama menyenandungkan "Jangan Buang Waktu" milik Ruth Sahanaya. Setelah silam, Andhien yang pernah kena tumor payudara ketika SMA, tampil membawakan "Moving On". Meski bercerita tentang kebangkitan dari patah hati, namun sesuai bila dikaitkan dengan tema acara. Sebuah suntikan semangat agar penderita kanker payudara tidak patah semangat menghadapi hidup.

"Cinta Kita" yang dipopulerkan oleh duet Inka Christie dan Amy Search, "Sepatu dari Kulit Rusa" milik Hetti Koes Endang, serta lagu terkenal milik Diana Nasution, "Benci Tapi Rindu", dibawakan dengan apik oleh Dea Mirella. Penonton serasa terlempar di masa lagu-lagu tersebut tengah gencar merajalela di belantika musik Indonesia era TVRI. setelahnya, Astrid yang tengah berbadan dua menyanyikan lagu milik Armada, "Pemilik Hatiku".

Harmonisasi vokal dipamerkan oleh dua trio beda "zaman". Trio pertama adalah jebolan kontes menyanyi tingkat asia, Asia Bagus, Be3. Kelompok vokal yang dulu mengusung nama AB Three ini memamerkan olah vokal mumpuni milik Widi, Nola dan Chyntia di lagu "Superwoman". Berikutnya giliran trio Laras, Eno, dan Sondakh yang tergabung dalam Dara Jana bentukan Titi Dwi Jayanti membawakan "All Around The World". Kedua kelompok vokal ini kemudian "adu suara" bersama-sama "mengeroyok" lagu milik Journey yang kembali populer berkat drama musikal televisi Glee, "Dont Stop Believing".

Angel Simbolon sampai pada gilirannya untuk mengajak bergoyang. Tiga lagu beraroma dangdut dinyanyikannya. Namun "Hello Hello", "Cubit-Cubitan" dan "Kegagalan Cinta" menjadi semakin megah berkat iringan 30-pieces-orchestra dari Magenta Orchestra dengan Andi Rianto sebagai music director. Setelahnya, Rieka Roeslan mengingatkan kembali beberapa lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi lain, seperti Iwan Fals, Kris Dayanti mau pun The Groove. Mungkin tak sedikit penonton yang baru tahu kalau lagu-lagu tersebut adalah buah karyanya. Tina Simanjuntak dan Lea Simanjuntak tampil seperti putri negeri dongeng. Sesuai dengan lagu-lagu yang mereka nyanyikan merupakan soundtrack dari animasi Pocahontas dan Cinderella.

Dewi Gita dan Melly Goeslaw kemudian bergantian tampil di atas panggung. Berikutnya Titi DJ dan Vina Panduwinata saling barter lagu sebelum akhirnya duet menyanyikan "Hanya Cinta Yang Bisa" dan "Wow". Sebagai puncaknya adalah hadirnya Diana Nasution yang berbagi kisah tentang ketegarannya untuk kemudian berhasil memenangkan "pertempuran" melawan kanker payudara yang dialaminya. Tak salah bila "Jangan Menyerah" dipilih untuk dinyanyikannya.

Dalam balutan busana karya Eddie Betty, Deden Siswanto, Tri Handoko, Denny Wirawan, Barli Asmara, Ferry Sunarto, Andreas Odang, Hian Tjen dan Antero House, akhirnya semua pengisi acara hadir di atas panggung. Bersama-sama mereka menyanyikan "I Will Survive" sebagai tanda bahwa kanker payudara dapat disembuhkan dan dilawan serta dapat terus menjalani hidup dengan semangat.

Oh as long as I know how to love I know Ill stay alive;
Ive got all my life to live,
Ive got all my love to give and Ill survive,
I will survive…

[Yose/IT/foto:Yose] 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here