EH,  Anda pecinta tayangan American Idol? Gegap gempitanya memang luarbiasa. Apalagi sudah banyak menelorkan artis-artis papan atas dan kemudian diadopsi oleh banyak negara.  Tak Cuma yang sukses, yang gagal pun kadang digambarkan dengan apik, sehingga kita bisa terbawa emosi kesedihan. Kini semua ekpresi itu bisa kita tonton di B Channel, saluran televisi swasta baru.

Dalam penjelasannya kepada wartawan di Hotel Nikko, Kamis [10/2/2011],  Sofia Koswara, Chief Executive Operation [CEO], menjelaskan bahwa program American Idol yang sudah masuk musim ke-10, akan ditayangkan utuh di B Channel. “Penonton akan mendapat tayangan komplet dari penyisihan sampai grand final,” jelasnya.

Yang menarik dari kompetisi nyanyi sesi 10 ini, ada beberapa juri baru sementara beberapa juri lama hengkang. Jeniffer Lopez tampil menggantikan Paula Abdul. Oh ya, untuk jadi juri ini, JLo mendapat bayaran 108 milyar. Juri baru lainnya adalah Steve Tyler, vokalis Aeorsmith. Sementara Simon Cowell, si mulut pedas itu, kini tak lagi duduk di kursi panasnya itu. Posisi mulut panas itu digantikan oleh Randy Jackson, yang sudah menjadi juri dari sesi pertama.

“Meski menayangkan American Idol, kita tetap berpikir lokal. Artinya, nanti ada host lokal yang bercerita apa sisi positif dari American Idol untuk masyarakat Indonesia, terutama dari nilai-nilai pantang menyerahnya,” sambung Sofia lagi.

Program yang bisa disaksikan di Jakarta dan stasiun mitra di  Surabaya, Lampung, Batam, Palembang, Cikarang, Purwakarta, Banjarmasin, Kupang, Mataran, Ambon dan beberapa kota lain ini, akan tayang setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB dan siaran ulang Sabtu-Minggu pukul 21.00. “Tayangan ini sudah disertai teks Indonesia, jadi masyarakat lebih mudah menerima,” tambah Sofia.

Sofia juga sedang mengupayakan supaya awareness pemirsa terbangun, akan ada acara off-air yang digelar. “Kita nanti akan bicarakan bentuknya, tapi usulan itu menarik dasemoga bisa membuat orang aware dengan B Channel dan acara-acaranya juga,” sahutnya.

B Channel memang televise swasta baru. Meski jangkauannya belum seluas televise lain, tapi dengan tagline Be Inspire, menurut Sofia yang juga Direktur Utama, B Channel ingin selalu memberikan tayangan yang positif dan mempengaruh baik. “Biarkan televise lain punya tayangan yang mungkin kurang pas, tapi kami menjamin, selalu member acara yang positif dan menyenangkan,” janji Sofia.

Semoga bukan semangat di awall saja ya Bu? [kiko]